get app
inews
Aa Read Next : Aktivis Lingkungan Desak Konjen Jepang Hentikan Pengiriman Sampah Plastik ke Indonesia

Puluhan Aktivis Lingkungan Geruduk PT Wilmar Nabati

Rabu, 23 Februari 2022 | 16:06 WIB
header img
Aksi demonstrasi PT Wilmar Nabati di Jalan Kapten Darmo Sugondo 56, Gresik, Jawa Timur, Rabu (23/2/2022). (Foto: Dok Ecoton)

GRESIK, iNews.id - Puluhan orang penggiat lingkungan dari Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah (ecoton), menggeruduk PT Wilmar Nabati di Jalan Kapten Darmo Sugondo 56, Gresik, Jawa Timur, Rabu (23/2/2022).

Mereka menuntut PT Wilmar Nabati bertanggungjawab atas kerusakan lingkungan di sungai Sambas, Sungai Kapuas dan parit-parit di Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat.

Koordinator Aksi Ecoton, Mochamad Arifin mengungkapkan, dari investigasi yang di lakukan ecoton selama 3 tahun terakhir ( Tahun 2019 – 2021) di dua anak perusahaan WILMAR Ltd (Kabupaten Sambas dan Kuburaya) Provinsi Kalimantan Barat, pihaknya menemukan berbagai pelanggaran. Baik yang terkait dengan sertifikat keberlanjutan yang sifatnya sukarela (RSPO) ataupun peraturan nasional.

Pelanggaran yang di temukan memberikan dampak terhadap sungai Sambas dan Sungai Kapuas. Fungsi sungai sambas dan sungai Kapuas sangat vital bagi suplai air nasional.

“PT Wilmar Nabati bertanggungjawab atas kerusakan lingkungan di sungai Sambas, Sungai Kapuas dan parit-parit di Kubu Raya yang menyebabkan punahnya ikan dan hilangnya akses air bersih," tegasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut