get app
inews
Aa Read Next : Rayakan Kemerdekaan RI, KKPSS Jatim dan Intiland Kolaborasi Gelar Donor Darah, Begini Serunya

Asiknya Donor Darah di Atas Kapal RS Terapung, Pendonor Bisa Nikmati Suasana Pelabuhan Tanjung Perak

Kamis, 11 Juli 2024 | 16:42 WIB
header img
Para pendonor menikmati suasana Pelabuhan Tanjung Perak sambil donor darah di atas Kapal Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga, Kamis (11/7/2024). Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Donor darah saat ini sudah menjadi salah satu gaya hidup sebagian masyarakat. Sejumlah intansi pun kerap menggelar aksi sosial tersebut. Namun tidak banyak kegiatan donor darah yang dikemas dengan cara menarik dan unik.

Namun kali ini para pendonor diajak untuk menyumbangkan darahnya dengan cara yang cukup menyenangkan. Selain donor, mereka juga menikmati suasana Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dari atas Kapal Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RSTKA).

Alhasil, usai mendonorkan darahnya, para pendonor pun tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk foto-foto dengan latar belakang kesibukan pelabuhan.

Donor darah unik itu merupakan aksi sosial yang digelar oleh PT Pelindo Marine Service di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, pada Kamis (11/7). Lebih dari 250 pendonor mengikuti aksi sosial Mariners Peduli ini.

Aksi sosial tersebut merupakan kolaborasi lintas instansi, perusahaan, universitas, hingga komunitas masyarakat. Mulai dari employee social responsibility pegawai grup usaha BUMN Pelindo di Surabaya, Pelindo Digital Squad, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Tanjung Perak, PMI Kota Surabaya, Reblood, Blood 4 Life, RS Dr. Soetomo, Universitas Airlangga, dan Institut Sepuluh Nopember Surabaya.

Direktur Utama PT Pelindo Marine Service, Warsilan, menyebutkan bahwa Pelindo Marine berupaya mengemas aksi sosial Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan lebih kreatif dan kolaboratif. 

“Upaya kreatifnya dengan menghelat aksi donor darah di atas fasilitas kapal rumah sakit terapung. Ini menjadi pengalaman unik yang menggaet banyak calon pendonor darah baru. Terutama dari generasi muda, yang kebanyakan usia kuliah dan pekerja mula," terangnya.

"Untuk upaya kolaboratifnya yakni dengan melibatkan berbagai lintas instansi, perusahaan, universitas, hingga komunitas masyarakat, serta menggaet partisipasi pegawai Pelindo pada aksi TJSL perusahaan sebagai wujud employee social responsibility (ESR),” lanjut Warsilan.

Pada aksi sosial yang kental dengan suasana kolaborasi tersebut, Warsilan bersama Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Surabaya, dr. Martono Adi Trijogo, mendampingi langsung Kepala KSOP Utama Tanjung Perak, Agustinus Maun, mendonorkan darahnya. 

Agustinus Maun mengungkapkan, bahwa semangat dalam aksi donor darah tersebut merupakan bukti nyata sinergi komunitas maritim dalam membangun bangsa dari sisi kemanusiaan. 

“Jadi sinergi komunitas maritim bukan hanya pada sisi ekonomi, karena pelayaran laut sebagai tulang punggung logistik negeri. Tetapi juga dalam menciptakan komunitas maritim yang berkontribusi sosial pada pembentukan ekosistem bangsa yang sehat menuju Indonesia Emas 2045,” ungkapnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut