get app
inews
Aa Read Next : Mundjidah Wahab-Sumrambah Gerilya dan Ziarah ke Kiai Pendiri NU, Minta Restu untuk Pilkada Jombang

Ketua ISNU Jatim Sebut NU Legacy Hadratussyeikh KH Hasyim Asyari

Selasa, 16 Juli 2024 | 19:44 WIB
header img
Bedah buku 'Mengenal Sosok Hadratussyeikh KH Hasyim Asy’ari, Pemersatu Umat Islam Indonesia- Percik Pemikiran Refleksi Socio-Religious KH Abdul Halim Mahfduz'. Foto/Ali Masduki

Prof Biyanto mengapresiasi hadirnya buku 'Mengenal Sosok Hadratussyeikh KH Hasyim Asy’ari, Pemersatu Umat Islam Indonesia- Percik Pemikiran Refleksi  Socio-Religious KH Abdul Halim Mahfduz'. Buku tersebut jauh dari kesan klenik dan magic. 

"Tidak pernah diceritakan KH. Hasyim Asy'ari bisa hilang, jalan di atas air, tidak pernah sama sekali. KH. Hasyim ketika belajar seperti pada umumnya, beliau mendapat ilmu dengan belajar, tidak ada laduni, ini sangat manusiawi dan laur biasa," jelasnya. 

Prof Biyanto mengungkapkan, banyak tokoh Muhammadiyah alumni Tebuireng. Seperti KH Abdurrohim Nur (Mantan Ketua PW Muhammadiyah Jatim) KH Abdurrahman, ahli hadist juga alumni Tebuireng. 

"Jadi ini bisa kerjsama dengan Muhammadiyah, bagaimana proses alumni Tebuireng menjadi Muhammadiyah bisa ditulis menjadi buku ini," kelakarnya. 

Menurutnya, buku tersebut perlu memotret banyak tentang perjumpaan KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy'ari. Dua tokoh penting ini telah berbagi peran, KH Ahmad Dahlan mengurusi muslim urban, sedangkan KH Hasyim Asy'ari konsen dengan muslim pedesaan. 

"Perjumpaan ini perlu diperbanyak, betapa tokoh mereka sering berkumpul. Sehingga anak muda Muhammadiyah dan NU bisa menangkap pesan. Perbedaan kecil itu hal biasa, tetapi yang subtansi antara NU dan Muhammadiyah harus rukun. Kalau ngak rukun moderatisme yang terbangun lama akan kacau," ujarnya. 

Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng  K.H. Abdul Hakim Mahfudz bercerita, bahwa buku yang saat ini beredar merupakan edisi kedua. Baginya, masih banyak yang perlu direvisi untuk kesempurnaan buku tersebut. "Ini cetakan kedua, masih banyak yang perlu diperbaiki," ujarnya.

Terlepas dari itu, Gus Kikin, sapaannya, menerangkan, salah satu peran penting KH Hasyim Asy'ari adalah sebagai inisator agar semua organisasi Islam bersatu dengan mendirikan federasi Majelis Islam Ala Indonesia (MIAI) tahun 1937.  Atas ajakan itu, maka semua organisasi Islam bisa bersatu. 

Sementara itu, Emil Dardak menilai buku tersebut menghadirkan perspektif yang agak berbeda terhadap apa yang diperjuangkan oleh hadratussyaikh. KH Hasyim Asy'ari sangat memberi perhatian terhadap persatuan dan kekompakan masyarakat. 

"Melalui MIAI, umat Islam terwadahi. Memang perbedaan tidak menjadi pemisah, tetapi mari kita mencari sebuah kesamaan visi," tandasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut