get app
inews
Aa Read Next : Cek Komposisi Jajanan Anak Sebelum Beli, Simak Tips dari Mama Gigi

Ladang Lima Kenalkan Roti Sehat dari Ragi Alami dan Tepung Gluten Free bersama Chef Risma Good

Sabtu, 31 Agustus 2024 | 14:47 WIB
header img
Chef Risma mengajarkan para peserta untuk membuat roti gluten free berupa donat, bakpao, gamchi dan pizza base. Sedangkan untuk hari kedua, materi yang diajarkan yaitu cara membuat gluten free sourdough. Foto/iNewsSurabaya.id

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Ladang Lima menggelar Online Baking Class bersama Risma Widyastuti, BBA yang dikenal dengan panggilan Chef Risma Good, Diploma in Gastronomy, Nutrition, and Food Trends Le Cordon Bleu Paris.

Tidak hanya belajar dari sekolah, Chef Risma mempunyai cara lain untuk menemukan resep-resep gluten free, yaitu dengan mencicipi bakery gluten free di  berbagai negara. Dengan mengetahui rasa, lidah dapat menjadi sebuah acuan untuk menemukan karya. 

Tema yang diambil kali ini Cara Membuat Olahan Bebas Gluten untuk Pemula. Well, untuk menciptakan resep roti dan pastry chef Risma rela belajar sampai ke Paris, lho!

Meskipun kegiatan Baking Class ini diadakan secara online, hal ini tidak menghalangi antusias dan semangat para peserta untuk menyimak step by step. Bahkan, tidak sedikit juga yang hands-on atau mempraktikkan langsung olahan yang sedang dibuat. Rupanya pasar produk bebas gluten di Indonesia cukup banyak peminat.

Di hari pertama, chef Risma mengajarkan para peserta untuk membuat roti gluten free berupa donat, bakpao, gamchi dan pizza base. Sedangkan untuk hari kedua, materi yang diajarkan yaitu cara membuat gluten free sourdough. 

Proses ini memanfaatkan ragi dan bakteri liar yang terdapat dalam starter sourdough, bukan ragi komersial. Nggak hanya itu, berbagai jenis topping, isian, serta glaze donat pun diajarkan oleh Chef Risma. Peserta dapat membuat olahan gluten free bread yang tak kalah dengan yang dijual di bakery ternama.

Peserta juga diajarkan cara membuat ragi alami gluten free sendiri di rumah. Ternyata pembuatan ragi alami ini sangat selaras dengan hidup sehat, ketika manusia menjaga alamnya, lingkungannya, makan bakteri baik cikal bakal sourdough gluten free akan mudah dibuat. 

Chef Risma mengajarkan semua cara basic pembuatan, namun juga disertakan banyak teori yang dapat dipelajari. Bahkan, ada cara untuk membuat roti sourdough ini tidak menjadi terlalu asam.

Resep-resep yang diciptakan oleh Chef Risma menggunakan berbagai jenis tepung gluten free lokal, salah satunya Mocaf dari Ladang Lima. 

Mocaf (Modified Cassava Flour) atau yang lebih dikenal dengan tepung gluten free yang dapat diaplikasikan untuk banyak olahan makanan yang hasilnya hampir setara dengan menggunakan terigu protein rendah. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut