get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Jenderal Dukung Ganjar, Siap Lawan Segala Bentuk Intervensi

Tak Takut Senjata, Kopassus Selamatkan Pasukan Elite Spanyol yang Dikepung Musuh

Kamis, 03 Maret 2022 | 08:00 WIB
header img
Kopassus menyelamatkan pasukan elite Spanyol yang terdesak karena dikepung milis Hizbullah di Lebanon

Pasukan Garuda datang ke lokasi dan segera menengahi kedua kelompok tersebut. Kedua pihak disarankan untuk berdialog. Milisi Hizbullah menyetujui usulan Kopassus agar berdialog dengan tentara Spanyol, pengejaran pun dihentikan.

Milisi Hizbullah setuju untuk berdamai dan menghindari konflik. Namun, ada syaratnya. Mereka meminta pasukan Spanyol menyerahkan memory card berisi foto kabel di saluran air, yang diduga merupakan aliran komunikasi milisi Hizbullah.


Kopassus menyelamatkan pasukan elite Spanyol yang terdesak karena dikepung milis Hizbullah di Lebanon

Tentara Spanyol menyetujui syarat yang diajukan. Pasukan TNI kemudian mencoba meluruskan masalahnya kepada anggota milisi Hizbullah setelah kondisi membaik.

Saat itu, pasukan TNI memang terkenal dekat dengan warga setempat dan suka membantu. Mereka dinilai ramah oleh masyarakat Lebanon yang pernah bertemu dan mendapat bantuan.

Salah seorang anggota milisi Hizbullah membenarkan sikap prajurit TNI. Mereka mengatakan, jika bukan karena Pasukan Garuda yang meminta, kondisi saat itu akan berbeda.

Demi menghormati TNI, mereka memutuskan untuk berdialog dan menghindari konflik dengan pasukan Spanyol.

"Kami sebenarnya tidak menghargai dan menghormati UNIFIL karena mereka tidak berpihak secara adil pada orang Lebanon. Kami melakukan ini karena sangat menghormati Anda orang Indonesia," ujar anggota Hizbullah.

Persoalan pun selesai dan berakhir damai. Chief of Cimic Sector Major Ferera mengucapkan terima kasih kepada prajurit Indonesia. Kopassus saat itu telah membantu menyelesaikan masalah, memberikan perlindungan serta pengamanan terhadap pasukan Spanyol dari kepungan milisi Hizbullah.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut