get app
inews
Aa Read Next : Senyum Renyah Peternak Sapi Kala Pemprov Jatim Gencarkan Vaksinasi

Herpes Zoster, Ancaman Serius yang Dapat Dicegah dengan Vaksinasi untuk Dewasa

Sabtu, 14 September 2024 | 12:08 WIB
header img
dr. Jose L. Anggowarsito, GDip.Derm, SpDVE, FINSDV, FASDS,. Foto iNewsSurabaya/ilyas

Kabar baiknya, penyakit ini bisa dicegah. Pada Juli 2024, Jadwal Imunisasi Dewasa telah diperbarui dengan memasukkan vaksin Herpes Zoster sebagai rekomendasi bagi orang dewasa berusia 50 tahun ke atas, serta mereka yang berusia 18 tahun atau lebih dengan kondisi imunokompromais, seperti pasien yang sedang menjalani kemoterapi atau menggunakan steroid dosis tinggi.

"Vaksin ini tidak hanya membantu mencegah Herpes Zoster, tetapi juga mampu mengurangi keparahan gejala dan mencegah komplikasi seperti NPH. Oleh karena itu, sangat penting bagi masyarakat untuk berkonsultasi dengan tenaga medis guna mengetahui apakah mereka termasuk dalam kelompok yang disarankan untuk menerima vaksin ini," ujarnya. 

Selain vaksinasi, menjaga gaya hidup sehat menjadi kunci penting dalam mencegah penyakit ini. Mengurangi stres, menjaga pola makan sehat, rutin berolahraga, tidur yang cukup, dan menjauhi rokok dapat membantu tubuh tetap kuat dalam melawan infeksi.

Perusahaan farmasi global, GSK, melalui Reswita Dery Gisriani, Communications, Government Affairs, and Market Access Director GSK Indonesia, menegaskan komitmen mereka dalam memerangi penyakit menular melalui inovasi vaksin. 

"GSK telah memasok vaksin ke lebih dari 160 negara, melindungi masyarakat dari berbagai penyakit selama lebih dari 65 tahun. Mereka terus bekerja sama dengan pemerintah dan asosiasi medis untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya vaksinasi, termasuk Herpes Zoster," ujarnya.

Dengan langkah-langkah pencegahan yang tepat, termasuk vaksinasi dan penerapan gaya hidup sehat, masyarakat dewasa Indonesia dapat terhindar dari ancaman serius Herpes Zoster, menjaga kesehatan dan kualitas hidup mereka di masa depan.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut