get app
inews
Aa Read Next : Lapas dan Rutan Terbaik Indonesia Ternyata Ada di Jawa Timur, Mana Saja?

Kabar Gembira! Bilik Pemusnah Virus Berhasil Diciptakan, Begini Bentuknya

Kamis, 03 Maret 2022 | 12:37 WIB
header img
Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim melalui UPT Pengembangan Teknis Keterampilan Kejuruan (PTKK) menciptakan bilik untuk menyembuhkan virus.

SURABAYA, iNews.id – Melonjaknya kasus Covid-19 membuat berbagai instansi melakukan inovasi. Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim melalui UPT Pengembangan Teknis Keterampilan Kejuruan (PTKK) menciptakan bilik untuk menyembuhkan virus.

Bilik ini merupakan inovasi alat terapi penguapan yang mampu menyembuhkan berbagai virus, termasuk gejala Covid-19. Dalaam bilik ini berisi alat terapi dengan bahan herbal yang sudah melalui uji laboratorium.

Kepala UPT PTKK Dindik Jatim Wahyu Suryo Herminoko mengatakan alat terapi penguapan itu menggunakan bahan-bahan herbal.  “Ada daun kayu putih, cengkeh, jahe, bunga kenanga, dan daun sirih,” kata pria yang akrab disapa Narko. 

Cara kerjanya, lanjut Narko, yakni dengan merebus semua bahan-bahan herbal lalu uap yang dihasilkan dari rebusan dialirkan melalui pipa yang nantinya masuk ke dalam bilik. “Dimodifikasi menjadi bilik supaya penguapannya cepat. Minimal 15 menit di dalam bilik,” jelasnya. 

Narko juga menyebutkan alat terapi itu mampu menyembuhkan berbagai virus, khususnya yang menyerang pernafasan. “Jadi, seperti flu, sinusitis, atau gejala Covid-19,” tuturnya.

Untuk proses pembuatannya, Narko menerangkan butuh waktu sekitar dua sampai tiga minggu sampai menjadi bilik. “Pernah ada yang bergejala, kemudian mencoba menggunakan alat ini selama satu hari penuh. Awalnya hilang indra penciuman.  Kemudian setelah pakai alat ini, perlahan bisa pulih kembali,” ujarnya.

“Sudah banyak yang mencoba terutama siswa-siswa yang bakal melakukan pelatihan di sini. Biasanya setelah masuk ke dalam bilik hasil swab antigennya negatif,” ucap Narko.

Selain pembuatan bilik alat terapi penguapan ini, Narko menyarankan, agar masyarakat juga mengonsumsi ramuan rempah-rempah untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Ramuan yang terdiri dari daun mint, jahe merah, kunyit, jinten hitam, kayu manis dan jeruk lemon ini juga bisa dibuat sendiri untuk melegakan tenggorokan dan meningkatkan kebugaran tubuh.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut