get app
inews
Aa Read Next : Tragedi Kematian Anggota Band Surabaya Masih Misterius, Dikabarkan setelah Minum Alkohol di Hotel

Bangkitnya Surabaya Extreme Metal di Tengah Persaingan Industri Musik Tanah Air

Sabtu, 05 Maret 2022 | 13:14 WIB
header img
Komunitas Surabaya Extreme Metal (SEM). (Foto: Pipit Ika)

Anton mengungkapkan, banyak band-band metal hebat yang terlahir dari SEM. Pada era tahun 2003, musik metal memang berkembang pesat. Surabaya Extreme Metal, kata dia, menjadi sebuah komunitas yang memiliki massa yang cukup besar pada saat itu. 

"Demikian pesatnya musik metal, baik dalam industri berskala besar maupun kecil. Hingga, di Surabaya sendiri, hampir setiap bulan selalu ada event atau gigs metal yang di gelar," terangnya.

Sebagaimana layaknya sebuah komunitas atau grup, tidaklah mudah menyatukan pemikiran dari banyak kepala. Banyak ide dan karya bermunculan. Bersamaan dengan itu, mulai banyak juga terjadi gesekan diantara sesama anggota komunitas. 

Anton menduga, hierarki yang kurang jelas memungkinkan terjadinya hal tersebut. Namun, hal itu tidak membuat SEM surut.  Semangat untuk terus bangkit dari SEM membuat mereka yang masih memiliki jiwa militan dalam naungan Surabaya Extreme Metal melontarkan ide-ide melalui event-event yang akan di gelar oleh S.E.M. ke depannya. 

Rupanya, semangat SEM belum mati. Ada wacana dan langkah lebih matang yang akan diambil oleh Surabaya Extreme Metal ke depannya. 

"Tentunya hal tersebut membutuhkan support full dari seluruh anggota komunitas. Harapan ke depannya tentu saja, tidak ada lagi kepentingan pribadi yang mengatasnamakan komunitas," jelas Anton.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut