get app
inews
Aa Read Next : Tragedi Kematian Anggota Band Surabaya Masih Misterius, Dikabarkan setelah Minum Alkohol di Hotel

Bangkitnya Surabaya Extreme Metal di Tengah Persaingan Industri Musik Tanah Air

Sabtu, 05 Maret 2022 | 13:14 WIB
header img
Komunitas Surabaya Extreme Metal (SEM). (Foto: Pipit Ika)

SURABAYA, iNews.id - Musik Black Metal tidak ada matinya. Meski dihimpit dengan kerasnya persaingan industri musik tanah air yang begitu massif, para penggemar musik cadas tersebut masih bertahan hingga saat ini. Salah satu kelompok yang cukup militan yakni Surabaya Extreme Metal (SEM).

Jika dirunut mengenai cikal bakal Surabaya Extreme Metal, sebenarnya sudah mulai ada sejak tahun 2001. Namun saat itu, belum memiliki nama. 

Penggagas Komunitas SEM, Anton Mesmeric mengatakan, pada awalnya SEM masih sebatas beberapa orang penggemar musik Black Metal yang ngumpul bareng di wilayah Surabaya Barat. 

Beberapa ada dari anggota band Mesmeric, Nicronomodez, The Church of Satan, Filthy, dan lainnya. Yang akhirnya vakum beberapa waktu. Kemudian, 4 orang dari mereka kembali berkumpul di sekitar Wisata Bukit Mas, Wiyung. 

Kemudian berpindah ke Noise Distro, bergabung dengan beberapa kawan penggemar musik hingar lainnya. Saat itulah muncul ide untuk memberikan nama pada komunitas yang sering ngumpul bareng tersebut. 

Dari beberapa pilihan nama, Surabaya Extreme Metal yang terpilih. Sejak itu, nama Surabaya Extreme Metal (SEM) disematkan.

"Saat itu tahun 2003, dimana tujuan pada waktu itu dari yang hanya sekedar ajang ngumpul-ngumpul para penggemar musik metal Surabaya, pada akhirnya justru memberi wadah untuk mereka bisa berkarya bersama," katanya, Sabtu (05/3). 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut