get app
inews
Aa Read Next : Dosen UWP Surabaya Beri Bantu UKM Bintang Catering, Produktivitas Meningkat Hingga 70%

ITS Tembus Posisi Tiga Besar Pimnas Ke-37

Sabtu, 19 Oktober 2024 | 10:33 WIB
header img
Kontingen ITS (tengah) dan berbagai tim perguruan tinggi lainnya pada malam penganugerahan Pimnas le-37 2024 yang berlangsung di Universitas Airlangga, Surabaya. Foto/Humas ITS

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Rangkaian perhelatan Pekan llmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-37 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mencapai puncaknya, pada Jumat (18/10) malam. Di malam puncak tersebut, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil menduduki peringkat III, naik satu peringkat dari tahun sebelumnya, pada kompetisi yang kali ini dituan rumahi oleh Universitas Airlangga  (Unair).

Mendelegasikan 44 tim untuk berlaga di final, tim ITS berhasil memborong 19 gelar juara pada ajang kompetisi berskala nasional ini. Perolehan medali tersebut terdiri atas 17 medali tim dan dua kategori penghargaan individu. Di mana medali tim ini diperoleh melalui kategori poster dan presentasi dari sembilan skema Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang dilombakan.

Pada kategori poster, tim ITS berhasil meraih tiga medali emas, lima medali perak, dan satu medali perunggu. Raihan medali emas disumbangkan oleh tim PKM Video Gagasan Kreatif (PKM-VGK) dan PKM Riset Eksakta (PKM-RE). Sedangkan perolehan medali perak berhasil disabet oleh tim PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-PM), PKM Penerapan iptek (PKM-PI), PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH), dan tim PKM-RE. Selanjutnya, torehan medali perunggu diperoleh oleh tim PKM Karsa Cipta (PKM-KC).

Sementara itu, pada kategori presentasi tim ITS berhasil mengamankan tiga medali emas, dua medali perak, dan dua medali perunggu. Perolehan medali emas tersebut disumbangkan oleh tim PKM Karya Inovatif (PKM-KI), PKM-RSH, dan tim PKM-RE. Sedangkan medali perak sukses disabet oleh tim PKM-KC dan tim PKM-RE. Untuk medali perunggu diraih oleh tim PKM-RSH dan PKM-RE.

Tidak kalah membanggakan, perwakilan dari ITS juga meraih prestasi pada Kategori Poster Digital Non-PKM dan Mahasiswa Bertalenta Terbaik. Kategori Mahasiswa Bertalenta ini diraih oleh Frederick Hidayat dari tim PKM-K dan Henky Aden Saputra dari tim PKM-RE. Sementara itu, pada kategori Poster Digital Non-PKM diraih oleh tim PKM-PI.

Menanggapi raihan prestasi membanggakan ini, Ketua Satuan Tugas PKM ITS 2024 Dr Hertiari Idajati ST MSc menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh kontingen ITS yang telah berpartisipasi dalam Pimnas tahun ini. 

“Keberhasilan ITS meraih peringkat ketiga dalam Pimnas tahun ini tidak lepas dari kerja keras dan semangat juang seluruh kontingen,” ujarnya.

Ida melanjutkan, ITS juga perlu melakukan persiapan lebih matang terutama pada alokasi dana untuk meningkatkan kualitas pembinaan dalam menghadapi Pimnas selanjutnya. Dari evaluasi tersebut, dosen Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ini berharap agar ke depannya ITS dapat merebut kembali posisi juara umum pada Pimnas ke-38 tahun depan. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut