get app
inews
Aa Read Next : Waspadai Gangguan Penglihatan pada Anak, National Eye Center Gencar Kampanye Hari Penglihatan

Rayakan Hari Penglihatan Sedunia, Perdami Jatim Ajak Anak-Anak Jaga Mata Sejak Dini

Minggu, 20 Oktober 2024 | 17:01 WIB
header img
Perdami Jatim Ajak Anak-Anak Jaga Mata Sejak Dini. Foto iNewsSurabaya/lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kesadaran akan pentingnya kesehatan mata harus ditanamkan sejak dini. Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Jawa Timur (Jatim) mengambil langkah nyata dengan menggelar penyuluhan kesehatan penglihatan anak di Taman Prestasi, Minggu (20/10/2024). Acara ini diadakan sebagai bagian dari peringatan World Sight Day atau Hari Penglihatan Sedunia.

Puluhan siswa dari MI Muhammadiyah 5 bersama para pengunjung Taman Prestasi antusias mengikuti kegiatan ini. Tidak hanya mendapatkan penyuluhan kesehatan mata yang dibawakan oleh dr. Cita, Sp.M, anak-anak juga diajak berpartisipasi dalam kuis dan lomba menggambar bertema penglihatan.

dr. M. Firmansjah, Sp.M(K), Ketua Perdami Jatim, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi nyata dalam mengedukasi masyarakat, khususnya anak-anak, mengenai pentingnya menjaga kesehatan penglihatan sejak dini. 

"Gangguan penglihatan yang tidak segera dikoreksi dapat memengaruhi pendidikan dan kehidupan sosial anak," ungkap dr. Firman.

Sebagai lulusan Spesialis Mata dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair), dr. Firman juga menyoroti pentingnya menghapus stigma yang sering kali melekat pada anak-anak yang menggunakan kacamata. 

“Tidak perlu malu bila harus berkacamata. Kacamata adalah alat bantu yang penting untuk menjaga kualitas penglihatan dan kesejahteraan hidup,” tambahnya.

Tidak hanya penyuluhan dan lomba, acara ini juga dipenuhi kejutan berupa doorprize serta pembagian leaflet edukasi kesehatan mata dan souvenir menarik. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut