get app
inews
Aa Read Next : Lewat Buku "Balita Jago Inggris, Mission Possible" Juli Indawati Bagikan Tips Jago Berbahasa Inggris

Tiga Aspek Penting Memilih Prasekolah Bagi Anak Usia Dini

Selasa, 08 Maret 2022 | 11:11 WIB
header img
Menyekolahkan anak sejak usia dini merupakan hal yang esensial. (Foto: Ali Masduki)

Intan menjelaskan, bahwa pendidikan anak usia dini seyogyanya berfokus pada pengembangan diri setiap anak sesuai dengan fase tumbuh kembangnya. Itu bertujuan untuk mencapai kompetensi dalam diri anak dengan 5 Dimensi Utama (Komunikatif, Peduli, Cerdas, Berimbang, Sehat).

“Secara berkala orang tua dan guru akan berdiskusi membahas PCC (Personalized Curriculum Circle) yang merupakan jurnal belajar personal setiap anak sesuai dengan perkembangan maupun kebutuhan anak tersebut. Hal ini akan mempengaruhi pendekatan yang dilakukan oleh guru kepada setiap anak,” jelas Intan.

2. Program Belajar 

Mengenali PAUD yang tepat bagi anak usia dini dapat dilihat dari program belajarnya. Menurut Intan, belajar sambil bermain (Play-Based Learning) adalah ciri yang paling unggul di setiap prosesnya. 

“Setiap anak dari setiap jenjang memiliki kesempatan yang besar untuk banyak bereksplorasi melalui lingkungan mereka untuk menemukan ide-ide pemikiran yang akan didiskusikan secara bersama,” tuturnya. 

Orang tua juga perlu memahami bagaimana program belajar yang berlangsung saat pandemi baik daring, luring, atau campuran (blended learning). 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut