3. Bahasa Pengantar
Setiap orang tua dengan anak usia dini pasti memiliki preferensi tersendiri dalam penggunaan bahasa bagi anak dalam memilih sekolah PAUD, baik itu Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
Bagi pendidik yang merupakan lulusan Magister Psikologi Terapan Anak Usia Dini Universitas Indonesia ini, bahasa Indonesia menjadi salah satu sarana untuk mengasah kompetensi berbahasa anak secara utuh di Rumah Main Cikal.
Bahasa Inggris sendiri diberikan sebagai sarana untuk meningkatkan kematangan berbahasa anak.
“Di Rumah Main Cikal, kami menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar pada jenjang Bayi-bayi, Adik-adik dan Kakak-Kakak. Hal ini membantu proses pemerolehan bahasa secara utuh pada anak. Pengenalan pada Bahasa Inggris melalui instruksi sederhana, lagu dan cerita mulai dilakukan pada jenjang Pre-Kindie di mana keterampilan berbahasa anak sudah semakin matang,” jelasnya.
Tentu, dalam hal ini Intan juga menuturkan bahwa opsi pemilihan bahasa ini dikembalikan kepada orang tua sebagai bahan pertimbangan ketika memilih sekolah PAUD atau Prasekolah untuk anak usia dini
Editor : Ali Masduki