get app
inews
Aa Read Next : Sambut Ramadan, Kompak Gelar Baksos Religi Renovasi Musala di Jombang

20 Tahun Smile Train Ciptakan Senyum Anak Indonesia

Selasa, 15 Maret 2022 | 15:26 WIB
header img
Salah satu anak usai menjalani operasi bibir sumbing bersama Smile Train di Surabaya beberapa waktu lalu. (Foto: Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.idSmile Train Indonesia sebagai bagian dari organisasi nirlaba terbesar di dunia yang berfokus pada bantuan perawatan bibir sumbing dan celah langit-langit mulut, kembali menapaki tonggak sejarah penting dalam perjalanannya di tanah air. 

Kini, genap 10 tahun sudah Smile Train berkiprah di Indonesia. Hal ini menjadi momentum penting perayaan 100.000 operasi sumbing dari Sabang sampai Merauke yang dirayakan dengan tajuk 100K Surgery Celebration – Creating Smiles with Smile Train Indonesia. 

Artinya, telah genap 100.000 anak Indonesia mendapatkan kembali senyuman mereka berkat dukungan selama dua dekade dari Smile Train Indonesia beserta para mitra, lewat rangkaian operasi dan perawatan yang selama ini dikenal dengan Comprehensive Cleft Care (CCC). 

Sejumlah ahli kesehatan yang menjadi mitra, mulai dari dokter ahli bedah hingga psikolog, duduk bersama keluarga besar Smile Train Indonesia dan keluarga pasien untuk membahas 5 hal kunci penanganan bibir sumbing. 

Mulai Operasi Sumbing dan Comprehensive Cleft Care, Perawatan Terapi Wicara dan Kisah Sukses, Kesehatan Oral dan Perawatan Ortodontis Sumbing, Dukungan Psikologis melalui Buku “Mental Health Activities.”

Catatan Smile Train menyebutkan, di Indonesia tercatat, 1 dari 700 bayi terlahir dengan kondisi  celah pada bibir dan/atau langit-langit mulut. Jika dibiarkan, kondisi dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental mereka untuk jangka panjang. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut