get app
inews
Aa Read Next : Sambut Ramadan, Kompak Gelar Baksos Religi Renovasi Musala di Jombang

20 Tahun Smile Train Ciptakan Senyum Anak Indonesia

Selasa, 15 Maret 2022 | 15:26 WIB
header img
Salah satu anak usai menjalani operasi bibir sumbing bersama Smile Train di Surabaya beberapa waktu lalu. (Foto: Ali Masduki)

Pecahkan rekor MURI untuk Operasi Sumbing Terbanyak

Pada tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kedokteran dan Kesehatan Polisi Republik Indonesia (DOKKES POLRI) Ke-75, HUT DOKKES POLRI Ke-75, dan HUT Rumah Sakit Bhayangkara Pusat Raden Said Sukanto Ke-55, Smile Train Indonesia bekerja sama dengan PUSDOKKES POLRI dan Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI) mengadakan operasi sumbing gratis untuk lebih dari 1.000 anak-anak Indonesia. 

Bakti sosial ini dilakukan secara serentak di lebih dari 38 RS Bhayangkara di berbagai daerah di Indonesia dan berhasil memecahkan rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk Kategori Operasi Sumbing Terbanyak Selama Pandemi pada 15 Juni 2021.

Kampanyekan kesehatan mental pasien melalui Gerakan “Stop Cleft Bullying”

Selama aktivitasnya, Smile Train Indonesia kerap kali bertemu dengan para pasien yang mendapat perundungan atau pengucilan di lingkungannya. 

Adanya perbedaan fisik yang dialami oleh anak dengan bibir sumbing membuat mereka mengalami penolakan dari lingkungan sekitar berupa intimidasi, ejekan, bahkan pengucilan akibat kurangnya pemahaman masyarakat. Akibatnya, tidak jarang anak tersebut merasa minder, putus asa, dan kecewa dengan kehidupannya. 

Smile Train melihat pentingnya upaya nyata untuk meluruskan pola pikir ini dan meluncurkan kampanye Stop Cleft Bullying!, mengajak masyarakat untuk sama-sama lindungi senyum dan kesehatan mental para pasien demi masa depan mereka yang lebih cerah

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut