get app
inews
Aa Read Next : Kinerja Perbankan Pulih, OJK Akhiri Kebijakan Restrukturisasi Kredit

Biaya Cetak Uang Rupiah Triliunan, Indah Kurnia Ajak Masyarakat Gunakan QRIS

Jum'at, 18 Maret 2022 | 16:56 WIB
header img
Anggota Komisi XI DPR RI, Indah Kurnia, berbicara secara daring dari ruang Komisi XI. (Foto: Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id - Anggota Komisi XI DPR RI, Indah Kurnia, mengajak seluruh masyarakat menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) saat melakukan transaksi ekonomi.

Menurutnya, transaksi non tunai tersebut bisa menghemat anggaran belanja negara dan menekan biaya pencetakan uang baru. Karena untuk mencetak, kemudian mengelola dan menghancurkan uang kartal biayanya triliunan.

Apalagi, lanjut Indah, akhir-akhir ini akibat pandemi Covid-19, terjadi defisit antara penerimaan dan belanja. Kebutuhan belanja negara sejak pandemi meningkat tinggi dan penerimaan saat pandemi sangat berkurang, khususnya peneriaan dari pajak.
 
"Saya berada di komisi XI, tentu konsen kami bagaimana anggaran belanja negara bisa diefisienkan dan memproduktifitaskan untuk kemaslahatan rakyat," tuturnya saat membuka acara Sosialisasi QRIS, Jumat (18/3).

Sosialisasi Gerakan Nasional Non Tunai bertema Solusi Cerdas Pembayaran Digital tersebut dilaksanakan oleh Yayasan Insan Keberagaman Nusantara bersama Bank Indonesia. 

Acara yang diinisiasi oleh Indah Kurnia ini dilaksanakan secara hybrid, yaitu fisik dan virtual. Peserta yang ada yang mengikuti secara fisik di Livin' Land by Mandiri Jalan Pemuda Surabaya. Peserta fisik didominasi oleh anak-anak Muda Surabaya dari organisasi bernama Taruna Merah Putih. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut