get app
inews
Aa Read Next : Harga BBM Turun di Awal Tahun, Berikut Daftarnya!

Harga Minyak Dunia Merangkak Naik, Bagaimana Indonesia

Sabtu, 19 Maret 2022 | 16:35 WIB
header img
Harga minyak dunia naik pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB)

JAKARTA, iNews.id - Harga minyak dunia naik pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB). Kenaikan diprediksi bakal semakin tajam seiring dengan perseteruan Rusia dan Ukraina.

Tercatat, harga minyak mentah berjangka brent untuk pengiriman Mei terangkat USD1,29 atau 1,2%, menjadi menetap di USD107,93 per barel, sehari setelah melonjak hampir 9,0% adalah kenaikan harian terbesar sejak pertengahan 2020.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman April bertambah USD1,72 atau 1,7%, menjadi ditutup di USD104,70 per barel, menambah lonjakan 8,0% sesi sebelumnya.

Kedua kontrak acuan tersebut mengakhiri minggu dengan turun sekitar 4,0%, setelah diperdagangkan dalam kisaran USD 16. Harga mencapai level tertinggi 14 tahun hampir dua minggu lalu, mendorong aksi ambil untung sejak saat itu.

Rusia mengatakan kesepakatan belum tercapai setelah hari keempat pembicaraan dengan Ukraina. Beberapa tanda kemajuan telah muncul awal minggu ini. “Ekspektasi sebelumnya untuk gencatan senjata atau kesepakatan Ukraina-Rusia telah memudar ketika serangan militer Rusia di kota-kota utama berlanjut menyusul sanksi keuangan tambahan terhadap Rusia,” kata Presiden Ritterbuch and Associates LLC, Jim Ritterbusch, di Galena, Illinois.

Harga minyak mentah telah berada di atas rollercoaster, didorong oleh krisis pasokan dari para pedagang yang menghindari barel Rusia dan berkurangnya stok minyak. Tetapi harga telah ditekan oleh kekhawatiran tentang permintaan dengan kasus COVID-19 yang melonjak di Cina, sementara pembicaraan nuklir yang tersandung dengan Iran telah menjadi kartu liar di pasar.

Volatilitas telah membuat beberapa investor takut keluar dari pasar minyak, yang dapat memperburuk perubahan harga. Sementara itu pasokan dari kelompok produsen OPEC+ pada Februari melampaui target bahkan lebih dari bulan sebelumnya. Badan Energi Internasional mengatakan pasar minyak bisa kehilangan 3 juta barel per hari minyak Rusia mulai April.

Produsen minyak AS juga telah menunjukkan kendala yang cukup besar sejak konflik di Ukraina dimulai. Perusahaan energi AS minggu ini mengurangi jumlah rig minyak yang aktif di negara itu sebanyak 3 rig menjadi 524 rig minggu ini, menurut perusahaan jasa energi Baker Hughes.

Kenaikan ini diprediksi bakal mempengaruhi harga minyak di Indonesia. Dimana diketahui, pemerintah masih memberikan subsidi harga minyak terhadap masyarakat. Untuk itu, gejolak kenaikan minyak masih belum dirasakan masyarakat secara langsung.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut