get app
inews
Aa Read Next : Langkah Hebat, Subholding Gas Pertamina PT PGN Tbk Lakukan Ekspor Pertama LNG ke China

Panas, Pertemuan G20 di India Diwarnai Kemarahan, Ini Alasannya

Minggu, 05 Maret 2023 | 07:49 WIB
header img
Pertemuan G20 di India Diwarnai Kemarahan, perang Rusia-Ukraina jadi alasan. Foto Okezone
INDIA, iNewsSurabaya.id - Pertemuan G20 dilaksanakan di India. Beda dengan Indonesia, kali ini peserta G20 mengeluarkan kemaragan dan saling hujat antar negara. Mereka mempermasalahkan persoalan perang Rusia-Ukraina yang tak kunjung selesai. 
 
Kondisi ini dipicu dengan adanya tuan rumah India yang mengatakan ketidaksepakatan berarti tidak akan ada pernyataan bersama.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan bahwa pertemuan itu telah dirusak oleh perang yang tidak beralasan dan tidak dapat dibenarkan oleh Rusia.

Menteri luar negeri Rusia Sergei Lavrov membalas dengan menuduh Barat telah melakukan "pemerasan dan ancaman".India ingin fokus pada isu-isu lain yang mempengaruhi negara-negara berkembang, tetapi mengatakan perbedaan atas Ukraina "tidak dapat direkonsiliasi".

"Kami mencoba, tetapi kesenjangan antar negara terlalu jauh," kata Menteri Luar Negeri India S Jaishankar.

G20, yang mencakup 19 negara terkaya di dunia ditambah Uni Eropa, menyumbang 85% dari hasil ekonomi global dan dua pertiga dari populasinya.

Menteri luar negeri kelompok itu - termasuk Sergei Lavrov dari Rusia, Antony Blinken dari AS dan Qin Gang dari China - bertemu di Delhi di bawah kepresidenan India. Itu adalah pertemuan tatap muka pertama para diplomat top AS dan Rusia sejak perang dimulai, lebih dari setahun yang lalu.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut