get app
inews
Aa Read Next : Langkah Hebat, Subholding Gas Pertamina PT PGN Tbk Lakukan Ekspor Pertama LNG ke China

Panas, Pertemuan G20 di India Diwarnai Kemarahan, Ini Alasannya

Minggu, 05 Maret 2023 | 07:49 WIB
header img
Pertemuan G20 di India Diwarnai Kemarahan, perang Rusia-Ukraina jadi alasan. Foto Okezone

Seorang pejabat senior departemen luar negeri mengatakan Blinken bertemu Lavrov selama sekitar 10 menit di sela-sela dan mengatakan kepadanya bahwa Barat akan mendukung Ukraina selama diperlukan.

Blinken juga menekan Rusia untuk bergabung kembali dengan perjanjian kontrol senjata nuklir New Start dan mematuhi persyaratan.

Para pejabat Rusia membantah telah terjadi negosiasi. Sebelumnya, Rusia juga menuduh Barat "mengubur" kesepakatan untuk mengizinkan beberapa ekspor biji-bijian Ukraina - tetapi AS membalas dengan mengatakan Moskow menghambat ekspor Ukraina.

Sementara itu para pejabat Rusia mengatakan Moskow dan Beijing telah sepakat untuk menentang apa yang mereka sebut sebagai pemerasan dan ancaman Barat - tetapi hal ini belum dikonfirmasi oleh China.

"Kami berbicara tentang sopan santun. Nah, rekan-rekan Barat kami menjadi sangat buruk dengan ini," kata Lavrov setelah pertemuan pada Kamis (3/3/2023).

"Mereka tidak memikirkan diplomasi lagi; mereka sekarang hanya berurusan dengan pemerasan dan mengancam orang lain,” lanjutnya.

PM India Narendra Modi telah membuka sesi tersebut, memperingatkan bahwa perpecahan global membahayakan pembangunan berkelanjutan.

"Banyak negara berkembang berjuang dengan utang yang tidak berkelanjutan sambil berusaha memastikan ketahanan pangan dan energi," katanya.

"Mereka juga paling terpengaruh oleh pemanasan global yang disebabkan oleh negara-negara kaya,” lanjutnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut