get app
inews
Aa Read Next : Langkah Hebat, Subholding Gas Pertamina PT PGN Tbk Lakukan Ekspor Pertama LNG ke China

Panas, Pertemuan G20 di India Diwarnai Kemarahan, Ini Alasannya

Minggu, 05 Maret 2023 | 07:49 WIB
header img
Pertemuan G20 di India Diwarnai Kemarahan, perang Rusia-Ukraina jadi alasan. Foto Okezone

Itu adalah pidato langka oleh Modi dalam bahasa Inggris - tanda betapa seriusnya dia ingin pesannya diperhatikan. Dia tidak merujuk langsung ke perang di Ukraina, tetapi mengakui bahwa diskusi akan dipengaruhi oleh ketegangan geopolitik.

Jadwal pada Kamis (3/3/2023) termasuk sesi tentang ketahanan pangan, kerja sama pembangunan, terorisme dan bantuan kemanusiaan - cerminan dari prioritas India saat memegang kepresidenan G20.

Sebelum pembicaraan, seorang mantan diplomat India mengatakan kepada BBC bahwa India harus "melakukan sesuatu yang istimewa" untuk membuat para delegasi mengabaikan perbedaan mereka dalam perang. Hubungan yang tegang antara AS dan China, yang telah menolak untuk menentang invasi Rusia, juga diperkirakan akan menguji kemampuan India untuk mencapai konsensus.

Pada akhirnya Menteri Luar Negeri India Jaishankar harus menyampaikan apa yang disebut ringkasan setelah pertemuan itu, yang berarti para peserta tidak dapat mencapai pernyataan bersama. Rusia dan China adalah satu-satunya negara yang menolak setuju untuk mengutuk perang.

Tetapi India berhasil dalam tujuan utamanya untuk mengangkat suara untuk Global South dan Jaishankar mengatakan bahwa "untuk sebagian besar masalah, G20 bisa mendapatkan dokumen hasil"

Masih ada beberapa bulan tersisa untuk diplomasi sebelum para pemimpin G20 bertemu pada bulan September dan Delhi akan berharap kepresidenannya tidak berakhir dengan catatan yang mengecewakan.

Para ahli mengatakan Delhi juga memiliki tugas rumit untuk menyeimbangkan kebijakan non bloknya dalam perang dengan permohonan kepada negara lain untuk menemukan cara bekerja sama.

India menolak tekanan dan melanjutkan strateginya untuk tidak langsung mengkritik Rusia, yang merupakan pemasok senjata terbesar India.

Mereka secara teratur abstain dari pemungutan suara pada resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengutuk perang di Ukraina, termasuk pemungutan suara yang diadakan di Majelis Umum PBB pekan lalu.

India juga mempertahankan keputusannya untuk meningkatkan impor minyaknya dari Rusia, dengan mengatakan bahwa ia harus memenuhi kebutuhan penduduknya.

Namun India pernah berbicara tentang pentingnya Piagam PBB, hukum internasional, dan penghormatan terhadap kedaulatan dan keutuhan wilayah negara dalam pernyataannya di masa lalu tentang Ukraina.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut