get app
inews
Aa Read Next : Benny, Pria Asal Cepu yang Jadi Petarung Sejati Dibalik Pemberontakan Indonesia-Malaysia

Jenderal Ini Malu, Sudah Jadi Loyalis Soeharto tapi Dicopot dari Panglima ABRI

Selasa, 22 Maret 2022 | 07:55 WIB
header img
Benny yang menjadi Panglima ABRI dicopot dari jabatannya, karena menentang kebijakan Soeharto.

Kisah hubungan Presiden RI kedua, Soeharto dengan Benny Moerdani tak akan habis. Benny yang menjadi Panglima ABRI dicopot dari jabatannya, karena menentang kebijakan Soeharto.

Kecewa, barangkali itulah yang ada dipemikiran Benny, sebagai sosok Jenderal yang memiliki loyalitas tinggi. Namun ia harus menerima pil pahit berupa pencopotan dari jabatan ABRI dimasa akhir kepemimpinannya. Meski begitu, Benny tetap menjadi sosok yang loyal terhadap sosok Soeharto.

Ceritanya saat itu, sebagai salah satu orang yang memiliki sejarah dengan Soeharto, nama Benny Moerdani tentunya akan selalu diingat. Mulai dari Benny yang memiliki hasrat untuk menjadi wakil presiden, Benny yang mengkritik keras Soeharto, hingga Soeharto mencopot jabatan Benny sebagai Panglima ABRI, saat mendekati masa akhir periode jabatannya.

Terlepas konfliknya dengan Soeharto, ternyata Benny Moerdani selalu menanamkan kecintaannya terhadap Soeharto kepada para juniornya, saat ia masih menjadi tentara aktif. Ia juga dianggap sebagai orang yang paling baik dan loyal kepada Soeharto, oleh anak-anak Soeharto.

Sejak Soeharto lengser pada 1998, dirinya kerap kali keluar masuk rumah sakit, dikarenakan sakit yang dideritanya, seperti pendarahan usus, jantung dan paru-paru. Tepatnya pada Januari 2008, Soeharto kembali masuk rumah sakit. Saat itu, ia dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut