get app
inews
Aa Read Next : Asal-usul THR, Tradisi yang Lekat dengan Perayaan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia

THR Sebentar Lagi Cair, Perhatikan Ini Agar Tidak Menyesal Kemudian

Kamis, 14 April 2022 | 22:29 WIB
header img
Uang THR ini biasanya dominan digunakan untuk tujuan jangka pendek atau kesenangan sesaat. (Foto: Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id - Tunjangan hari raya (THR) umumnya digunakan untuk membagikan amplop THR kepada sanak saudara, berbelanja berbagai barang yang berlabel promo Idul Fitri, hingga beberapa orang memilih menggunakan uang THR untuk upgrade gadget. 

Namun, dari semua itu, tak jarang akhirnya ada penyesalan akan semua pengeluaran yang dihasilkan. 

Untuk menghindari hal tersebut, maka diperlukan perencanaan matang agar bonus tahunan ini tidak menguap sia-sia.

Putri Madarina, seorang Certified Financial Planner (CFP) & Influencer memaparkan bagaimana mengatur perencanaan keuangan terutama bagi para sosok ibu yang menjadi pengelola keuangan rumah tangga.

Menurut Putri, cara mengatur keuangan bisa dimulai dari mengetahui dan menghitung sumber pendapatan baik bulanan seperti gaji atau tahunan seperti THR ataupun bonus. 

Selanjutnya detailkan dan hitung pengeluaran kebutuhan sehari-hari, baik kebutuhan dapur, listrik, air, dan lainnya. 

"Setelah mengetahui dua hal tadi, barulah kita melakukan finalisasi cash budget secara bulanan maupun tahunan dan mempersiapkan dana darurat dengan rasio 3x pengeluaran bagi yang single, 6x pengeluaran bagi yang sudah menikah, dan 12x pengeluaran bagi yang sudah memiliki anak. Dengan begitu, keuangan rumah tangga dapat dinyatakan keluar dari defisit keuangan," tuturnya.

Melihat realita yang memang berulang tiap tahunnya, bahwa pada akhirnya uang THR ini biasanya dominan digunakan untuk tujuan jangka pendek atau kesenangan sesaat, serta hanya sedikit yang akhirnya dialokasikan untuk keperluan jangka panjang seperti menabung atau investasi. 

THR, kata Putri, dapat menjadi langkah antisipasi kejadian tak terduga dengan berasuransi, THR dapat melindungi risiko finansial dengan investasi. 

"THR dapat berperan sebagai bentuk ikhtiar kita dengan zakat, THR sebagai bagian penting dari perencanaan keuangan sebagai pemasukan tambahan kita," tandasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut