get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Creasi Dorong Ketahanan Pangan Masyarakat dengan Tingkatkan Produktivitas Hewan Ternak

Kasus PMK  Hewan Kediri Naik, Ini yang Bakal Dilakukan Bupati Kediri 

Senin, 23 Mei 2022 | 18:22 WIB
header img
Lonjakan kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak merambah di wilayah Kediri.

KEDIRI, iNews.id - Lonjakan kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak merambah di wilayah Kediri. Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kediri mendatangi Pasar Hewan Pare untuk berdialog dengan pedagang sapi.

Dalam dialog, Mas Bup Dhito, sapaan akrab Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, mengatakan bahwa saat ini sudah ada enam Kecamatan dengan jumlah 76 kasus suspek PMK di Kabupaten Kediri. Lonjakan kasus itu terjadi secara signifikan dalam empat hari, sehingga patut menjadi kewaspadaan bersama.

"Menjadi bahan pertimbangan kami yang ada di Forkopimda, kita mulai mempersiapkan untuk penutupan pasar-pasar hewan," kata Mas Dhito, Senin (23/5).

Sebelum kebijakan itu diberlakukan, menurut Dhito, pemerintah kabupaten terlebih dahulu mengajak para pedagang sapi untuk berdialog. Diakui, para pedagang pastinya keberatan dengan rencana itu karena berkaitan dengan hajat hidup mereka.

"Tapi di satu sisi banyak pertimbangan mengingat bulan Juli nanti akan ada Idul Adha di mana perputaran sapi pasti tinggi, jangan sampai pada saat momentum tersebut kasus sedang tinggi-tingginya,"tuturnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut