get app
inews
Aa Read Next : Prajurit Marinir TNI AL Gelar Pengobatan Gratis di Pulau Ndana

TNI Angkatan Laut Koarmada II dan Militer Australia Siap Perkuat Keamanan Maritim Kawasan

Jum'at, 03 Juni 2022 | 12:21 WIB
header img
Exercise Albatros Australia-Indonesia (Ausindo) di Selat Makassar tanggal 29-30 Mei 2022. (Foto: Dispen Koarmada II)

SURABAYA, iNews.id - TNI Angkatan Laut melalui KRI Frans Kaisiepo-368 Unsur Satkor Koarmada II dan Pesawat B-737 milik TNI Angkatan Udara, berpartisipasi dalam Exercise Albatros Australia-Indonesia (Ausindo) di Selat Makassar tanggal 29-30 Mei 2022.

Latihan yang menjadi wujud kerja sama bilateral ini juga melibatkan HMAS Parramatta (Onboard Helly MH-60R) Royal Australian Navy dan Pesawat P-8A Poseidon Royal Australian Air Force. 

“Latihan ini bertujuan untuk untuk memperkuat kerja sama dan interoperabilitas antara TNI dan Australian Defence Force dalam mewujudkan keamanan maritim di kawasan,” kata Komandan KRI Frans Kaisiepo-368, Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh melalui siaran pers, Jumat (03/6/2022).

Adapun latihan yang dilaksanakan mencakup Joint Maritime Patrol Surface Picture Activity, Officer of Watch Maneuvers, Mailbag Transfer, dan Photo Exercise. 

Peserta latihan berkolaborasi melaksanakan Intelligence, Surveillance and Reconnaissance (ISR) termasuk memverifikasi Automatic Identification System (AIS) kapal-kapal yang melintas guna membangun Recognised Maritime Picture (RMP) yang dibutuhkan dalam memberikan jaminan keamanan bagi pengguna laut. 

Peserta latihan juga saling unjuk kemampuan dalam bermanuver menempati sektor dan membentuk formasi yang diisyaratkan. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut