Awas, Gunung Raung Berada Dilevel 1, Warga Dihimbau Tak Mendekati Kawah, Bahaya!

Siswanto
Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) PPGA Raung telah mengumumkan kabar terbaru kondisi Gunung Raung yang berada di level 1.(Foto : ist)

BANYUWANGI. iNews.id - Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) PPGA Raung telah mengumumkan kabar terbaru kondisi Gunung Raung. Berdasarkan periode pengamatan pada (28/7/22) 00:00-24:00 WIB cuaca cerah dan berawan, sedangkan angin bertiup lemah ke arah utara dan selatan, sedangkan suhu udara mencapai 16-29 celcius.

Kepala Pos Pengawasan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo mengatakan, Gunung Raung hingga saat terlihat jelas dan kabut 0-III. Sedangkan asap kawah teramati berwarna putih dan kawah Gunung Raung berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang dan ketinggian mencapai 100 meter diatas puncak kawah. 

"Gunung Raung mengalami kegempaan tektonik jauh dengan jumlah 6 amplitudo, 3-19 mm, s-p : 13-32 detik dengan durasi 53-153 detik," ungkap Mukijo. 

Selain itu, Lanjut Mukijo, tremor menerus (Microtremor) bahkan terekam dengan amplitudo 0.5-3mm dominan 0.5mm. Saat ini Gunung Raung berada di level 1 atau normal, 

"Kami menghimbau agar masyarakat dan pengunjung serta wisatawan tidak turun ke dasar kawah atau mendekati kawah yang ada di puncak atau bibir kaldera kawah Gunung Raung untuk menghindari potensi bahaya gas - gas vulkanik yang dapat membayakan jiwa manusia," Pungkas Kepala Pos Pengawasan Gunung Api (PPGA) Raung.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network