Ribuan Calon Penumpang Kereta Api Gagal Berangkat dari Daop 8 Surabaya, Ini Penyebabnya!

Ali Masduki
Suasana keberangkatan dari stasiun Gubeng Surabaya. (Foto: Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id - Ribuan calon penumpang Kereta Api gagal berangkat dari sejumla stasiun KAI Daop 8 Surabaya.

Tercatat, sejak tanggal 15-21 Agustus 2022 ada sebanyak 1.867 pelanggan yang tidak diijinkan melakukan perjalanan dengan kereta api jarak jauh.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengungkapkan, ditolaknya para pelanggan tersebut lantaran mereka tidak memenuhi persyaratan perjalanan yang ditentukan.

"KAI secara tegas akan menolak pelanggan yang tidak memenuhi perjalanan, dan mengarahkan untuk melakukan pembatalan di loket Stasiun," ungkapnya, Senin (22/8/2022).

Ketegasn itu, kata Lukman, sudah diterapkan sejak diberlakukannya persyaratan perjalanan melalui Surat Edaran Kementrian Perhubungan no.80 tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Kereta Api pada tanggal 15 Agustus 2022.

Bahkan KAI Daop 8 secara tegas juga mengawasi para calon pelanggan saat melakukan proses boarding di stasiun keberangkatan. 

"Hal ini dilakukan untuk mendukung langkah pemerintah dalam mencegah terjadinya penyebaran dan peningkatan penularan Covid-19 di transportasi umum khususnya kereta api," tegasnya.

Luqman Arif melanjutkan, untuk mendukung kemudahan pelanggan dalam memenuhi persyaratan perjalanan, KAI Daop 8 Surabaya menghadirkan layanan vaksinasi booster gratis di 3 stasiun. 

Yakni di Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, dan Stasiun Malang.

Selain itu, juga dihadirkan layanan PCR di 3 stasiun dengan tarif RP 195.000. Sejak hadirnya layanan PCR pada tanggal 16 Agustus, sebanyak 216 pelanggan telah mendapatkan layanan tersebut. 

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network