Gunung Raung Masih Sering Batuk, Status Ditetapkan Masih Waspada, Warga Diminta Hati-Hati

Arif Ardliyanto
Gunung Raung yang berada di Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember masih berstatus waspada atau level II. Foto iNewsSurabaya/ist

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id - Gunung Raung yang berada di Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember masih berstatus waspada atau level II. Masyarakat diminta berhati-hati, karena gunung ini masih menggeliat tidak stabil.

Hal ini diketahui berdasarkan analisis Pusat vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi yang menetapkan menetapkan bahwa aktivitas vulkanik Gunung Raung masih dalam status Level II atau Waspada. PVMBG menyebtukan, periode 1- 15 Januari 2023 terdeteksi warna asap yang muncul di Gunung Raung terlihat tipis dan hembusan asap tidak membawa material abu. Selama periode ini tidak terekam gempa letusan namun lebih dominan terjadi gempa hembusan.

Kepala PVMBG, Hendra Gunawan, dalam suratnya terkait evaluasi Gunung Raung, mengatakan, ada tanda-tanda pergerakan pusat tekanan menuju permukaan yang selanjunya menghasilkan letusan eksplosif. Dengan masih terekamnya Gempa Tremor menerus maka pergerakan fluide ke permukaan diperkirakan masih terjadi meskipun dalam tingkat yang rendah.

"Perlu diwaspadai jika terjadi Gempa Tektonik terasa di sekitar Gunung Raung yang diikuti oleh meningkatnya Gempa Hembusan," ujar Hendra, dalam suratnya, Kamis (19/1/2023).

Tercatat, aktivitas kegempaan didominasi 143 kali gempa hembusan, 1 kali gempa tektonik lokal, 56 kali gempa tektonik jauh, dan 15 kali gempa tremor menerus dengan amplituod 0,5-3 mm dominan 0,5 mm.

Menurutnya, saat ini terdapat potensi ancaman bahaya berupa lontaran material batuan pijar, namun sebarannya masih terbatas di dalam kawah, sedangkan material berukuran abu dapat tersebar lebih jauh tergantung arah dan kecepatan angin. 

Menindaklanjuti hasil evaluasi tersebut, kata Hendra, maka PVMBG terus melakukan pemantauan secara intensif untuk mengavulasi aktivitas Gunung Raung dan dikoordinaskan dengan pemerintah daerah setempat serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Selanjutnya status Gunung raung akan dinaikan atau diturunkan jika terjadi peningkatan atau penurunan aktivitas.

Namun dengan status aktivitas yang sekarang, PVMBG merekomendasikan kepada masyarakat dan pengunjung atau wisatwam tidak diperbolehkan mendekato pusat erupsi di kawah puncak dengan radius 3km.

Masyarakat di sekitar gunung juga diharapkan tenang tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Raung dan agar senantiasa mengikuti arahan dari BPBD Provinsi Jawa Timur dan BPBD Bondowoso, Banyuwangi dan Jember. Pemerintah Daerah dan BPBD Jawa Timur dan BPBD Bondowoso, Banyuwangi dan Jember diharapakn juga senantiasa berkoordinasi dengan PVMBG atau Pos Pengamatan Gunung Raung.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network