Surabaya Bangun Hunian Warga Miskin dengan Konsep Pengembangan Ekonomi

Arif Ardliyanto
Pemerintah Kota Surabaya membangun Hunian Warga Miskin dengan Konsep Pengembangan Ekonomi. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA,iNewsSurabaya.id - Pengembangan ekonomi warga miskin dilakukan. Kali ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membuat inovasi baru dengan membangun rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) dengan konsep hunian yang mengembangkan perekonomian.

Bangunan ini berada di kawasan Jalan Jawar, Kelurahan Benowo, Kecamatan Pakal. Konsep yang diusung pada rusunawa ini, yaitu ekonomi kerakyatan. Sayang tidak semua orang bisa memiliki Rusunawa ini, hanya warga miskin yang diperbolehkan menempatinya dengan bimbingan pengembangan ekonomi.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajad mengatakan, Rusunawa Benowo-Pakal ini berbeda dengan yang dimiliki pemkot sebelumnya. “Yang baru, ada unit usahanya di lantai satu, ini pertama kalinya. Jadi, sebagai penunjang usaha dan untuk memenuhi kebutuhan penghuni rusun,” kata Irvan, (9/2/2023). 

Kios Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) itu, untuk menunjang perekonomian calon penghuni Rusunawa Benowo-Pakal. Bukan hanya untuk menunjang perekonomian, dengan adanya kios tersebut, diharapkan calon penghuni Rusunawa Benowo-Pakal ke depannya bisa terlepas dari kemiskinan. 

“Jadi kami tidak hanya memikirkan huniannya, tetapi kami juga memikirkan bagaimana penghuninya bisa membuka usaha di lingkungan tersebut. Sehingga  bisa terlepas dari kemiskinan,” ujar Irvan. 

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network