KPU Surabaya Nilai Kinerja Kelurahan di Kecamatan Membaik, Pantarlih Cepat Lakukan Tugas

Saipul Yudi
Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilu 2024 menjadi ujung tombak dalam pemuthakiran dan penyusunan daftar pemilih. Foto iNewsSurabaya/saipul

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilu 2024 menjadi ujung tombak dalam pemuthakiran dan penyusunan daftar pemilih. Di Surabaya, Kecamatan Tambaksari menjadi daerah yang mendapatkan penghargaan, karena memiliki progres penanganan lebih baik.

Ketua PPK Tambaksari Kota Surabaya M Mundir mengatakan,proses pemutakhiran data pemilih yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dengan menemui pemilih secara langsung dari rumah ke rumah. "Di Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya ada 8 Kelurahan dan sebanyak 623 Pantarlih, mereka telah melakukan coklit di wilayahnnya masing-masing," imbuhnya.

M Mundir menegaskan,untuk meminimalisir pelanggaran yang dilakukan Pantarlih, pihaknya selalu melakukan monitoring serta pendampingan kelapangan apakah Pantarlih dalam menjalankan tugas Pemutakhiran data Pemilih sudah sesuai aturan perundangan yang ada.

“Ini menjadi tantangan bagi Pantarlih untuk meyakinkan semua pihak, bahwa pemutakhiran data pemilih selain pencocokan data pemilih, para petugas tersebut juga mendata penduduk yang sudah mempunyai hak pilih, namun belum tercatat dalam Formulir A-Daftar Pemilih KPU, serta tidak boleh mencoret nama pemilih yang tidak memenuhi syarat, seperti orang yang sudah meninggal dunia karena sekarang berdasarkan dengan de jure atau berdasarkan hukum," katanya.

Coklit berlangsung pada 12 Februari hingga 14 Maret 2023.“Waktu tugas mereka bisa pagi, sore atau malam. (Mereka) menyesuaikan waktu luang dari warga yang akan dicoklit,” ujarnya,

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network