P3TGAI dari BBWS Brantas Sasar 1455 Lokasi di 21 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur 

Lukman
Sosialisasi Tingkat Balai Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Tahun Anggaran 2023 di Hotel Grand Dafam, Surabaya, Kamis (06/4/2023). Foto: MPI/Lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas menggelar acara Sosialisasi Tingkat Balai Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Tahun Anggaran 2023 di Hotel Grand Dafam, Surabaya, Kamis (6/4/2023).

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, Dr. Ir. Haeruddin C. Maddi, ST, MSMT mengatakan, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) tahun ini menggelontorkan Rp2,34 triliun untuk Padat Karya Tunai (PKT) melalui program P3-TGAI.  Program ini menyasar 12.000 P3A di seluruh Indonesia.

Sedangkan di BBWS Brantas sendiri menerima lokasi terbanyak yaitu 1.455 lokasi yang tersebar di 21 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur.

"Dana ini sangat besar. Sehingga diharapkan mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat yang tersendat akibat dampak Covid-19," katanya, Kamis (6/4/2023).

P3-TGAI ini merupakan kegiatan PKT untuk membangun saluran tersier irigasi dengan luasan lahan yang diairi maksimal adalah 150 hektare.

Dimana pelaksanaannya melibatkan masyarakat petani yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) atau Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA).

Proyek ini tidak diperbolehkan untuk dikontraktualkan/dipihak ketigakan. 

"Diharapkan Program ini dapat dilaksanakan untuk memberikan pekerjaan sementara dan tambahan upah/pendapatan kepada masyarakat kurang mampu, menganggur dan setenggah penganggur di desa. Program ini juga diharapkan adanya keterlibatan perempuan untuk mendukung kesetaraan gender," katanya.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network