Kawatir Sperma Penduduk Jatim Loyo, Aktivis Co Ensist Surati Gubernur Khofifah

Ali
Aktivis Co Ensist bersurat kepada Khofifah karena permasalahan lingkungan di Jawa Timur. Foto/Co Ensist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Aktivis Co Ensis menyurati Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa. Surat yang dikirim oleh tim Community of Environmental Sustainnable Co. Ensis bersama pegiat lingkungan Malang tersebut berisi teguran dan permintaan audiensi.

Koordinator Co.Ensis, Nisrina mengatakan pihaknya terpaksa bersurat kepada Khofifah karena permasalahan lingkungan di Jawa Timur, khsusunya Sungai Brantas belum tertangani dengan benar.

Sebelumnya, mahasiswa yang tergabung dalam komunitas tersebut telah melakukan penelitian sepanjang  Maret - Mei 2023 pada hulu hingga hilir Sungai Brantas. 

Berdasarkan hasil identifikasi yang dilakukan, Sungai Brantas telah mengalami penurunan kualitas air karena pencemaran mikroplastik, limbah industri, peternakan dan limbah domestik. 

Selain itu para peneliti dari Co Ensis juga melakukan identifikasi bangunan liar, timbulan sampah serta popok sekali pakai yang juga menjadi biang rusaknya ekosistem dan kualitas air sungai Brantas. 

“Kami prihatin terhadap kualitas air mulai dari hulu hingga hilir Sungai Brantas. Hasil uji kualitas air sepanjang bulan Maret hingga Mei mulai dari kualitas air insitu, indikator biologi menggunakan plankton dan diatom didapatkan hasil perairan Brantas yang telah terkontaminasi mikroplastik dan Logam Berat,” ucap Nisrina.

Selain itu mahasiswa aktif Management Sumber Daya Perairan Universitas Trunojoyo Madura ini juga menjelaskan, bahwa Hasil pengujian kualitas air dan Identifikasi Mikroplastik pada limbah cair pabrik kertas di kawasan hilir Sungai Brantas telah berdampak pada menurunnya kualitas air sungai Brantas. 

Pada penelitian Co Ensis terhadap air limbah pabrik kertas, telah di temukan kontaminasi mikroplastik jenis filamen dan fragment sangat tinggi pada 4 sampel air limbah pabrik kertas di hilir sungai Brantas. 

Tingginya mikroplastik di outlet pabrik kertas di Jawa Timur dikarenakan 80 % perusahaan kertas di Jawa Timur menggunakan bahan baku kertas impor yang tercampur plastik dengan komposisi 60 % kertas dan 40% limbah non B3 jenis plastik. Sehingga kondisi tersebut berpengaruh terhadap limbah cair buangan pabrik kertas yang terkontaminasi mikroplastik. berikut hasil pengujian kadar mikroplastik di empat pabrik kertas di Jawa Timur.

Kondisi tersebut jika merujuk pada hasil penelitian ESN pada tahun 2022, yang menyebutkan bahwa sungai Brantas menjadi sungai dengan kontaminasi mikroplastik paling tinggi se – Indonesia akan berdampak pada kondisi kesehatan masyarakat Jawa Timur yang mengkonsumsi air PDAM yang bersumber dari sungai Brantas. 

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network