288 Peserta Didik Jalani Wisuda, SMK Teknik PAL Surabaya Kerja Sama dengan Industri

Arif Ardliyanto
SMK Teknik PAL Surabaya melakukan prosesi wisuda secara sakral, sebanya 288 peserta didik menjalani proses wisuda sebagai tanda kelulusan. Foto iNewsSurabaya/arif

SURABAYA, iNewsSurabaya.idSMK Teknik PAL Surabaya melakukan prosesi wisuda secara sakral untuk siswanya. Tercatat, 288 peserta didik menjalani proses wisuda sebagai tanda kelulusan untuk menjalani kehidupan lebih baik.

Secara rinci, wisudawan SMK Teknil PAL Surabaya ini berasal dari kelas XII KKB: 76 peserta didik, Kelas XII TL : 70 peserta didik, Kelas XIII TOI : 36 peserta didik, Kelas XII TKJ: 37 peserta didik, dan Kelas XII TPM: 69 peserta didik. Dengan tema “Datang dengan harapan, pergi dengan kesan, bertemu dengan kesuksesan”. Mereka berasal dari Konstruksi Kapal Baja (KKB), Teknik Pengelasan (TL), Teknik Otomasi Industri (TOI), Teknik Komputer dan jaringan (TKJ), dan Teknik Pemesinan (TPM).

“Ini adalah proses dimana kami menciptakan sebuah masa transisi bagi peserta didik. Mereka menempuh pendidikan di SMK Teknik PAL Surabaya, saat ini akan mengalami transisi menuju jalan yang mereka pilih,” kata Kepala SMK Teknik PAL Surabaya, Eko Agus Triswanto dalam sambutannya.

Eko menuturkan, potensi untuk ber-BMW (Bekerja, Melanjutkan dan ber-Wirausaha) benar-benar telah diakomodir dan berikan pelayanan semaksimal mungkin. Bagi siswa yang menentukan untuk bekerja, sekolah telah menyiapkan melalui Bursa Kerja Khusus yang bekerja sama dengan perusahaan-prusahaan rekanan. Bahkan perusahaan tersebut  telah melaksanakan proses rekrutmen baik yang diselenggarakan di sekolah maupun langsung di perusahaan.

“Tanggal 24 Januari 2023 kami melaksanakan perekrutan untuk program pemagangan ke Jepang bersama PT JIAEC dan 9 peserta dinyatakan lolos untuk berangkat ke Jepang selama 3 tahun. Kemudian pada tanggal 17 Mei 2023 kami kembali menyelenggarakan perekrutan (Job Matching) dengan mendatangkan 18 perusahaan di SMK Teknik PAL Surabaya,” ujarnya.

Selain diikuti oleh calon lulusan SMK Teknik PAL Surabaya, lanjut Eko, job matching juga diikuti oleh peserta dari sekolah lain. Ini menjadi salah satu bagian dari pengimbasan program berbagi praktik baik untuk sekolah sekitar. Dari proses perekrutan tersebut, sekolah mendapatkan report tentang up date peserta didik yang proses lanjut baik panggilan interview, pemenuhan dokumen hingga proses penandatangan kontrak.

“Kami mohon maaf jika tidak 100% peserta didik yang hadir, karena tidak mendapat izin dari perusahaan dimana mereka bekerja. Kami ucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Dunia Kerja rekanan yang telah berkenan untuk merekrut lulusan kami sebagai tenaga kerja di perusahaan,” terang dia.


SMK Teknik PAL Surabaya dan dunia industri. Foto iNewsSurabaya/arif

Tercatat sudah 49 siswa yang dinyatakan diterima diperusahaan sebelum mereka dinyatakan lulus. Ini masih belum termasuk data dari hasil Job Fair tanggal 17 Mei 2023 kemarin.  “Kami promosikan kepada pihak dunia usaha dan dunia industri, saya pastikan tidak akan  menyesal merekrut alumni SMK Teknik PAL Surabaya. Karena selain berbekal ijazah juga berbekal sertifikat kompetensi dari LSP P-3 BNSP,” ucap Eko.

Sementara bagi lulusan yang hendak melanjutkan ke perguruan tinggi, sekolah bakal memberikan bimbingan dan mengawal mereka dalam proses masuk perguruan tinggi. Tercatat, lulusan 2023 ini yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi negeri sebanyak 7 peserta didik lolos di jalur SNBP . Saat ini lulusan pihaknya masih terus berjuang untuk dapat masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SNBT, jalur ITS Prestasi dan Jalur Tes PPNS. “Dari data terupdate dari tracer study kami peroleh angka 38 lulusan yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi baik PTN, PTS, maupun ikatan dinas,” paparnya.

Sementara untuk bidang kewirausahaan, sekolah melakukan bimbingan-bimbingan untuk menjadi entrepreneur, sehingga terdata oleh untuk lulusan tahun 2023 ini ada 4 lulusan yang memiliki usaha. “Kami juga memiliki alumni-alumni yang sukses dengan perusahaan yang didirikan. Bahkan sudah mampu untuk merekrut adik kelas dan menjadi tempat praktik kerja industi. Kami juga melakukan kerja sama dengan industry untuk menampung siswa kami bekerja, dan mengasah ketrampilannya,” ungkap Eko.


SMK Teknik PAL Surabaya melakukan prosesi wisuda secara sakral, sebanya 288 peserta didik menjalani proses wisuda sebagai tanda kelulusan. Foto iNewsSurabaya/arif
 
Wisudawati SMK Teknik PAL Surabaya, Shinta Puspita Maharani mengaku sangat senang dengan proses sekolah di SMK Teknik PAL. Menurutnya, banyak sekali ilmu yang diperoleh selama menjalani pendidikan bersama.

“Sangat senang sekali. Banyak ilmu yang saya peroleh. Saya berharap sekolah bakal menjadi lebih maju,” katanya.

Untuk saat ini, ujarnya, dirinya akan fokus untuk bekerja, kemudian memikrikan melanjutkan kuliah. “Saya fokus kerja dulu, baru kuliah,” akunya. 

Sementara itu, hadir dalam acara wisuda, SEVP TM PT PAL Indonesia, Satriyo Bintoro, Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Kurniawan Hary Putranto, Ketua Yayasan Pusdiklat PAL Indonesia, Ir. Hery Sunaryo. Dalam sambutannya memastikan bahwa lulusan SMK Teknik PAL Surabaya adalah lulusan yang kompeten, terampil dan berkarakter.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network