Penumpang DLU Naik Selama Lebaran dan Liburan Sekolah 2023

Ali Masduki
PT Dharma Lautan Utama memberikan apresiasi kepada mitra kerja. Anugerah Penghargaan ini merupakan yang ke-19 kalinya. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pengguna transportasi laut naik selama musim angkutan Lebaran dan Liburan Sekolah 2023. PT Dharma Lautan Utama (DLU) mencatat, secara nasional mengalami kenaikan sebesar 3,06%. Penyeberangan untuk lintas Merak-Bakauheni mengalami kenaikan penumpang sekitar 3%, roda dua 6%, dan roda 4 mengalami penurunan 2%.

Direktur Utama DLU, Erwin H. Poedjono mengatakan PT Dharma Lautan Utama selama ini telah menjadi bagian yang penting dalam kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Angkutan Lebaran dan Liburan Sekolah. Untuk itu pihaknya terus berusaha mempersiapkan sebaik-baiknya demi kelancaran terselenggaranya kegiatan tersebut. 

"Dan syukur Alhamdulillah, berkat kerjasama yang baik dengan seluruh stake holder, maka kami dapat menyelenggarakan angkutan lebaran tersebut dengan lancar dan zero accident serta masyarakat puas dengan layanan yang kami berikan," katanya dalam acara Anugerah Penghargaan Mitra Kerja PT Dharma Lautan Utama Dalam Rangka Angkutan Lebaran dan Liburan Sekolah Tahun 2023, di Surabaya, Jumat (07/6/2023).


Sejumlah awak media mendapat penghargaan dari PT Dharma Lautan Utama (DLU). Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

 

Erwin menjelaskan, sebelum pelaksaan angkutan lebaran DLU sudah memastikan kesiapan sumber daya manusia yang stand by 24 jam selama 3 bulan. Termasuk kesiapan kondisi armada guna memastikan bahwa seluruh armada telah memenuhi semua aturan yang ditetapkan oleh pemerintah, kelas BKI maupun aturan internasional SOLAS, dan menjamin kehandalan armada melalui DLU Maintenance Facility yaitu PT Adiluhung Sarana Segara Indonesia. 

"Kami juga memastikan bahwa tidak ada armada yang melaksanakan pengedokan pada periode angkutan lebaran," tegasnya. 

Tahun ini, lanjutnya, DLU mengoperasikan total 44 armada kapal, yang melayani 48 lintasan di seluruh Indonesia. Termasuk satu kapal tambahan yang di operasikan pada bulan Maret 2023 dalam rangka melayani arus penumpang lebaran wilayah Indonesia timur, serta menunjang program pariwisata pemerintah yaitu tujuh destinasi wisata super prioritas dengan rute Surabaya-Lembar-Labuhan Bajo-Ende, yaitu KM Dharma Rucitra VIII. 

"Dari sisi keselamatan, kami memastikan bahwa alat-alat keselamatan dalam kondisi laik dan mampu mengcover jumlah penumpang yang ada, serta memaksimalkan fungsi Pusat Pengendali Operasional Kapal (PPOK), baik di kantor pusat maupun kantor cabang dalam melakukan pemantauan perjalanan kapal," terangnya.

Dari sisi kemanan, selain mengoptimalkan fungsi tenaga keamanan kapal, DLU juga menambahkan tenaga keamanan dari Personil Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jatim. 

"Dan hal yang tidak kalah penting adalah kami membicarakan tentang strategi untuk mengatur distribusi barang dan penumpang agar dapat tersebar secara merata dan tidak menumpuk di hari tertentu," tuturnya. 


Direktur Utama DLU, Erwin H. Poedjono. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

 

Dalam kesempatan ini, Erwin juga menyampaikan beberapa isu penting dari sektor kepengusahaan angkutan laut maupun angkutan penyeberangan. Ia berharap isu tersebut dapat benar-benar menjadi perhartian dari pemerintah, dimana hal ini selaras dengan semangat yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi mengenai titik berat pembangunan sektor maritim. 

Isu tersebut antara lain adalah masalah pentarifan yang masih harus dilakukan penyesuaian karena lebih kecil dibandingkan biaya pokok, dan kurangnya ketersediaan infrastruktur dermaga yang hingga saat ini belum ada penambahan.

Kemudian masalah alur pelabuhan yang mengalami pendangkalan, serta masalah yang terkait dengan keselamatan pelayaran yaitu penegakan aturan kendaraan yang Over Dimension Over Loaded (ODOL) serta pengawasan terhadap muatan yang masuk kategori (IMDG) International Maritime Dangerous Good sebagai muatan kapal.

"Kesemuanya itu jika tidak mendapatkan perhatian serius, maka akan sangat membahayakan keselamatan publik, dan lebih jauh lagi akan menyebabkan terhentinya pelayanan kepada masyarakat," tutupnya.

Sementara itu Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Irjen Pol Hendro Sugiatno, mengapresiasi kerja keras DLU dalam melayani angkutan lebaran dan libur sekolah. Menuturnya, hal itu bukan pekerajaan yang mudah karena tingginya mobilitas pasca pandemi Covid-19.

"Saya bersyukur semua hasil survei, kepuasan dari mudik kemarin 89,5 persen. Dari situ pasti ada andil dari Dharma Lautan Utama. Kami sebagai pemerintah tidak mungkin bekerja sendiri untuk mendapatkan kepuasan masyarakat tanpa dukungan dari pengusaha transportasi termasuk transportasi laut," ujarnya.

Perlu diketahui, Anugerah Penghargaan Mitra Kerja PT Dharma Lautan Utama merupakan bentuk rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dan juga apresiasi kepada Mitra Kerja PT Dharma Lautan Utama. Baik dari regulator, fasilitator, maupun insan media yang berperan aktif dalam kerja sama dengan DLU dalam rangka mensukseskan Angkutan Lebaran dan Liburan Sekolah tahun 2023, sehingga masyarakat dapat terangkut secara maksimal, lancar, selamat dan zero accident. 
 

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network