Dosen FH Ubaya: Homo Homini Lupus, Perilaku Politik Menjelang Pilpres 2024

Ali Masduki
Deklarasi Anies-Cak Imin di Hotel Majapahit, Surabaya, pada Sabtu (02/9/2023). Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Dosen Fakultas Hukum (FH) Universitas Surabaya (Ubaya), Marianus Gaharpung menyebut, homo homini lupus (manusia serigala bagi sesamanya) dalam dunia perpolitikan tanah air saat ini sangat terang benderang dipertontonkan. 

Ia bilang, politik memang keras, sadis bahkan terkadang tidak bermoral dan berperikemanusiaan. Teman bisa saling "makan" apalagi lawan. 

"Benar kata orang dalam berpolitik tidak ada teman dan lawan abadi. Yang ada hanya kepentingan abadi. Dengan kata lain, dalam politik tidak ada musuh yang abadi dan tidak ada teman yang selamanya," katanya.

Marianus mengungkapkan, deklarasi Anies-Cak Imin yang dilakukan di Hotel Majapahit, Surabaya, pada Sabtu (2/9/2023). Bacapres dari Partai NasDem Anies Baswedan dan bacawapres sekaligus Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin resmi sebagai pasangan pertama menjelang pilpres 2024 untuk merebut kursi RI1 dan RI2. 

Deklarasi itu tampak dihadiri oleh Ketum Partai NasDem Surya Paloh hingga Waketum NasDem Ahmad Ali. Sementara itu, hadir pula Sekjen PKB Hasanuddin Wahid. 

Menurut Marianus, peristiwa politik yang dipertontonkan Partai Nasdem dan PKB di Hotel Majapahit semakin membuktikan bahwa setiap detik bisa saja berubah. Sehingga wajar saja publik meyakini partai-partai politik tanah air sudah mengalami degradasi moral politik. 

"Saat ini bukan lagi demi kemaslahatan kebaikan bersama. Melainkan kepentingan pribadi dan kelompok yang diutamakan," tuturnya.

"Dengan peristiwa politik di Hotel Majapahit Sabtu kemarin, pertanyaannya apakah benar bahwa hakikat mendirikan partai politik untuk kesejahteraan rakyat atau sebaliknya merebut dan membagikan kekuasaan itu kepada pribadi per pribadi serta kelompok kepentingan? Jika demi kepentingan dan kesejahteraan rakyat, mengapa korupsi masih merajalela di seputar menteri, gubernur, bupati walikota, anggota dewan pusat hingga daerah?" tanya Marianus.

"Jadi kalau sikap Anies Baswedan dengan "tamparan" politik terhadap Agus Harimurti Yudhoyono menjelang pilpres 2024 adalah hal yang wajar -wajar saja," lanjut Marianus. 

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network