Kurangi Transaksi Tunai, Kemenkumham Jatim mulai Gunakan Kartu Kredit Pemerintah dan Cash Management
Demikian juga dengan penggunaan Cash Management System bagi bendahara di instansi pemerintah. Cash Management System merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh perbankan bagi institusi untuk mengelola dan melakukan transaksi perbankan secara online.
“Cash Management System Banking mudah digunakan dan diakses. Hal ini dapat mengurangi risiko keamanan seperti uang hilang atau dicuri serta memudahkan bendahara dalam bertransaksi yang tidak harus dilakukan di bank,” kata Heni.
Upaya untuk menciptakan mekanisme pelaksanaan transaksi non tunai melalui penggunaan Kartu Kredit Pemerintah maupun Cash Management System guna menjawab tuntutan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan akuntabel masih terus dilakukan.
Kurangi Transaksi Tunai, Kemenkumham Jatim mulai Gunakan Kartu Kredit Pemerintah dan Cash Management System. Foto iNewsSurabaya/ist
Data dari tim pengelola keuangan Kanwil Kemenkumham Jatim, bahwa satker yang telah memiliki Kartu Kredit Pemerintah dan menggunakannya baru 13 satuan kerja. Selebihnya, satuan kerja yang sudah memiliki Kartu Kredit Pemerintah namun belum menggunakannya sebanyak 29 satuan kerja.
“Bahkan ada yang belum memiliki Kartu Kredit Pemerintah sebanyak 22 satuan kerja,” tegas Heni.
Untuk itu, kanwil selaku pembina satuan kerja di tingkat wilayah selalu terus berupaya untuk bisa mendorong implementasi penggunaan Kartu Kredit Pemerintah maupun Cash Management System pada satuan kerja jajarannya. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai forum belajar bersama dan berdiskusi langsung antara para narasumber dengan Satker maupun vendor.
“Sehingga kedepannya diharapkan dapat mewujudkan pengelolaan pelaksanaan anggaran negara yang lebih profesional, terbuka, efektif, efesien dan bertanggung jawab pada Satuan Kerja di jajaran Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur,” tutup Heni.
Editor : Arif Ardliyanto
Artikel Terkait