Dosen ITATS dan Unisla Kolaborasi Tingkatkan Literasi Baca hingga Bangun Sistem Perpustakaan

Arif Ardliyanto
Manfaatkan Hibah Ristek Dikti, Dosen ITATS-Unisla Tingkatkan Literasi Baca hingga Bangun Sistem Perpustakaan. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pengembangan pendidikan dilakukan kampus-kampus di Indonesia. Kali ini, Institut Teknologi Adhi Tama (ITATS) Surabaya dan Universitas Islam Lamongan (Unisla) melakukan kolaborasi literasi membaca dan pengelolaan perpustakaan. 

Kolaborasi ini dilakukan dua dosen dari kedua institut, mereka adalah Rachman Arief, S.Kom., M.Kom. dosen Sistem Informasi Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya dengan anggota Andy Rachman, S.T., M.Kom. dan Rayinda Aseti Prafianti, S.Pd., M.Pd. dari Universitas Islam Lamongan. Mereka berhasil mendapatkan Hibah Ristek Dikti (Program Kemitraan Masyarakat) berdasarkan Pengumuman Penerimaan Pendanaan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2023.

Dana tersebut dimanfaatkan untuk mengembangkan literasi membaca dan membangun sistem perpustakaan yang efektif. Dengan sistem ini, siswa bisa lebih suka membaca dan mudah dalam peminjaman buku. 

"Kegiatan pengabdian ini kita laksanakan di SMK Labschool Unesa 1 Surabaya, Jalan Teratai No 4 Tambak Sari, Surabaya, Jawa Timur. Kami ingin meningkatkan literasi atau budaya membaca pada siswa," kata Rachman Arief, S.Kom., M.Kom. Dosen Sistem Informasi Institut Teknologi Adhi Tama (ITATS) Surabaya. 

Rachman Arief mengatakan, saat ini perpustakaan di SMK Labschool Unesa 1 Surabaya masih belum memiliki aplikasi mengelola perpustakaan, untuk itu kegiatan pengabdian ini difokuskan mengembangkan Digital Library System. Dengan begitu, siswa bisa meminjam dan membaca buku kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan laptop maupun smartphone . 

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network