Inovasi Mahasiswa Universitas Dinamika, Robot Smart Car yang Dikendalikan dengan Gestur Tangan

Andika Pratama
Mahasiswa Universitas Dinamika-Stikom mampu membuat Robot Smart Car yang Dikendalikan dengan Gestur Tangan. Foto iNewsSurabaya/ist

Menurut Yazid, pengalaman pengguna (user experience) adalah salah satu hal yang penting dalam sebuah sistem. “Pengalaman pengguna ini menjadi bagian dari banyak faktor yang bisa memengaruhi keputusan pengguna terhadap suatu produk atau sistem,” kata Yazid saat diwawancarai pada Rabu (29/11/2023). 

Dengan mengutamakan pengalaman pengguna, ia membuat sistem kendali Robot Smart Car yang bisa dikendalikan dari gerakan jari tangan saja.

Mahasiswa yang pernah memenangkan juara 2 lomba IICF (Indonesia IoT Career Fair) pada 17 Juni 2023 tersebut juga bercerita bahwa tujuan lain yang ingin ia capai saat pembuatan sistem kendali ini adalah ia ingin memperluas eksplorasi teknologi baru dan peningkatan kecerdasan mesin untuk meningkatkan akurasi serta keandalan sistem. 


Mahasiswa Universitas Dinamika-Stikom mampu membuat Robot Smart Car yang Dikendalikan dengan Gestur Tangan. Foto iNewsSurabaya/ist

Ia juga ingin mendorong kemajuan dalam bidang pengenalan gestur tangan dan pengembangan sistem kontrol yang responsif.

“Saya memanfaatkan library seperti MediaPipe dan Python yang dapat memungkinkan sistem untuk mengidentifikasi posisi dan gerakan tangan pengguna,” tambah Yazid.

Untuk menjalankan sistem ini, robot smart car tersebut harus dilengkapi dengan sistem kendali, driver motor I298n dan Arduino Mega. Kamera juga dibutuhkan untuk bisa menangkap gestur tangan yang bisa disambungkan ke perangkat yang digunakan dalam mengendalikan Robot Smart Car. 

Saat di uji coba, Yazid menggunakan sebuah laptop dan webcam.

“Harapan saya dengan terbuatnya inovasi sistem ini dapat memudahkan pengendalian Robot Smart Car dan memberikan pengalaman pengguna yang baru dan menyenangkan,” tutupnya

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network