Temuan Prasasti di Mojokerto Bukti Keagungan Kerajaan Majapahit

Arif Ardliyanto
Tim Ekskavasi Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur menemukan prasasti di Situs Gemekan yang terletak di Desa Gemekan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

MOJOKERTO, iNews.id – Kebesaran Majapahit sebagai sebuah kerajaan benar-benar terlihat dari peninggalan-peningalan yang ada. Prasasti benar-benar menunjukan modern-nya kerajaan Majapahit pada masanya.

Terbaru, Tim Ekskavasi Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur menemukan prasasti di Situs Gemekan yang terletak di Desa Gemekan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Prasasti dengan tinggi 91 cm lebar 88 cm dan ketebalan 21 cm ditemukan di hari ketiga, Rabu (9/2/2022) kemarin.

Ketua Tim Ekskavasi Situs Gemekan, Muhammad Ichwan menyatakan, prasasti ditemukan di bagian sisi dalam bagian timur laut. “Prasasti kami amankan di kantor BPCB Jawa Timur. Kami bisa memperlihatkan denah dari struktur yang ada di Situs Gemekan ini,” katanya.

Ichwan menuturkan, situs Gemekan tersebut merupakan candi dengan trah tangga ada di sisi timur. Prasasti memiliki tinggi 91 cm lebar 88 cm dan ketebalan 21 cm. Pihaknya akan mengundang ahlinya untuk membaca tulisan di prasasti yang berisi tulisan Jawa kuno.

 “Biar ahlinya yang membaca biar lengkap. Ada beberapa yang sudah mencoba membaca apakah itu masa sebelum Majapahit? Pada umumnya candi itu berfungsi untuk pemujaan. Namun terkait untuk pendarmaan siapa, nanti semoga dari informasi prasasti itu bisa mengungkap itu,” jelasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network