Begini Cara Identifikasi Pendampingan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus

Ali Masduki
Guru berusaha keras menuntut peserta didik ketika PTM di Sekolah Luar Biasa (SLB) Widya Tama Surabaya. (Foto: Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id - Memetakan kebutuhan belajar, minat dan bakat anak berkebutuhan khusus dapat dilakukan sejak dini oleh para orang tua. 

Namun, bagaimana cara melakukan identifikasi pendampingan belajar bagi anak berkebutuhan khusus yang tepat di sekolah inklusi?

Kepala Pendidikan Inklusi Cikal, Husnul Chotimah menjelaskan bahwa sekolah inklusi dapat melakukan beberapa cara dalam mengidentifikasi pendampingan belajar anak berkebutuhan khusus.

1. Observasi dan Asesmen Murid dan Orang Tua Saat Pendaftaran
 

Cara pertama yang dapat dilakukan oleh sekolah inklusi adalah melakukan observasi dan asesmen di awal pendaftaran. Menurut pendidik yang akrab disapa Nuli ini, secara umum pihak sekolah melalui Pendidikan Inklusi bisa melakukan observasi dan asesmen pada tahap awal penerimaan murid. Hal itu bisa dilakukan melalui wawancara kepada murid dan orang tua. 

 “Data yang diperoleh oleh kami akan digunakan untuk memetakan kemampuan dan kebutuhan murid dan kemudian diterjemahkan ke dalam program belajar individu," kata dia.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network