Begini Cara Identifikasi Pendampingan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus

Ali Masduki
Guru berusaha keras menuntut peserta didik ketika PTM di Sekolah Luar Biasa (SLB) Widya Tama Surabaya. (Foto: Ali Masduki)

2. Observasi dan Asesmen dari Guru Saat di Kelas 

Cara kedua yang dapat dilakukan adalah observasi di dalam kelas. Selama proses pembelajaran berlangsung, guru juga melakukan observasi secara intensif.  

Sehingga apabila ditemukan kendala berupa gangguan perkembangan yang berdampak pada proses belajar seperti gangguan konsentrasi, pengaturan emosi, kesulitan belajar, hambatan komunikasi dan interaksi, atau kendala lainnya bisa segera diidentifikasi masalah serta solusinya.

“Guru di Pendidikan Inklusi Cikal juga melakukan observasi secara intensif. Apabila ditemukan kendala berupa gangguan perkembangan yang berdampak pada proses belajar guru melangkah ke proses identifikasi masalah dan menemukan solusinya," bebernya.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network