Kunjungan Wisatawan ke Sumenep Melonjak, Ekonomi dan UMKM Lokal Terkerek

Lukman Hakim
Wisatawan serbu Sumenep, UMKM dan ekonomi lokal terkerek. Foto iNewsSurabaya/lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pertumbuhan ekonomi di kabupaten Sumenep terus melesat dari tahun ke tahun karena ditopang sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang berkembang pesat.

Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim mencatat, selama tiga tahun berturut-turut pertumbuhan ekonomi di Sumenep meningkat cukup signifikan. Pada tahun pertama kepemimpinan bupati Fauzi di tahun 2021, ekonomi Sumenep tumbuh 2,61 persen year on year (yoy) dibanding dibanding tahun sebelumnya. 

Pertumbuhan yang cukup signifikan juga terjadi pada tahun 2022 yakni mencapai 3,11 persen. Loncatan pertumbuhan ekonomi terjadi pada tahun 2023 yakni sebesar 5,35 persen pada year on year (yoy).

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo ketika dikonfirmasi capaian moncer tersebut mengaku, lonjakan pertumbuhan ekonomi Sumenep terjadi karena faktor meningkatnya kunjungan wisatawan. “Kenapa pertumbuhan ekonomi di angka 5,35 persen karena memang selama dua tahun terakhir kunjungan wisata ke Sumenep meningkat pesat,” katanya.

Pria yang akrab disapa Cak Fauzi itu melanjutkan, lonjakan kunjungan wisata itu menyebabkan sektor UMKM berkembang pesat. Perkembangan itulah yang membuat angka pertumbuhan ekonomi di Sumenep terus meningkat signifikan dari tahun ke tahun. “Pada saat orang banyak datang ke Sumenep maka secara tidak langsung UMKM akan tumbuh pesat,” tambahnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network