get app
inews
Aa Read Next : Madura Ethnic Carnival Bakal Digelar Kembali, Catat Ini Tanggalnya

Sumenep Bergeliat, Hotel Penuh, Kunjungan Wisatawan Lampaui Target

Selasa, 26 Desember 2023 | 14:07 WIB
header img
Kunjungan Wisatawan ke Sumenep Lampaui Target. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sumenep saat liburan Natal dan Tahun Baru 2024 meningkat tajam. Hal itu terpantau dari penuhnya tingkat hunian hotel dan warga yang ramai ramai memadai obyek wisata, di ujung timur pulau Madura itu.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda Dan Olahrwga Sumenep Muhammad Iksan mengatakan, total ada 1,3 juta pengunjung wisata yang datang ke wilayah itu sampai dengan akhir November 2023. Mereka berkunjung untuk menikmati wisata alam dan sejarah untuk mengisi liburan akhir tahun 2023. "Kunjungan wisata ke 34 destinasi itu sampai dengan akhir desember ini mencapai 1,3 juta orang," katanya, Selasa (25/12/2023).

Dia memprediksi akan ada kenaikan 200 hingga 300 ribu wisatawan sampai dengan akhir tahun 2023 mendatang.  Hal itu bisa diprediksi dari tingkat okupansi hotel dan hunian di wilayah itu yang sudah penuh. "Kemungkinan akan ada kenaikan sampai total 1,6 juta pada akhir tahun," tambah dia.

Ikhsan menambahkan, kenaikan kunjungan wisata pada tahun 2023 memang diluar target yang ditetapkan di kabupaten Sumenep. Pada saat itu, Pemkab Sumenep menargertkan kunjungan wisata sebesar 1,2 juta pada tahun 2023. "Target kita waktu itu antara 10 sampai dengan 15 persen dari tahun 2022 sebesar 1,050 juta orang," jelas dia.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut