Propam Polda Jatim Gelar Inspeksi Mendadak di Polres Jombang, Senpi dan Tes Urine Jadi Targetnya?

Zainul Arifin
Propam Polda Jatim Gelar Inspeksi Mendadak di Polres Jombang. Foto iNewsSurabaya/zainul

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Langkah mendadak dan mengejutkan dilakukan tim Propam (Profesi dan Pengamanan) Polda Jawa Timur. Mereka turun ke Polres Jombang di Jl Wahid Hasyim secara tiba-tiba untuk mengecek senjata api (Senpi) dan memastikan personel bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Informasi yang dihimpun oleh iNews.id mengungkapkan bahwa tim Propam yang dipimpin oleh Iptu Sipo Prasetijo langsung mengumpulkan sejumlah personel di salah satu ruangan di Mapolres Jombang. Sebanyak 88 personel polisi diperiksa Senpi mereka dan menjalani tes urine di Graha Bakti Bhayangkara.

Kasi Propam Polres Jombang, Ipda Mochamad Teguh, mengonfirmasi pemeriksaan ini yang dilakukan pada Rabu, 15 Mei 2024. Menurutnya, tujuan utama pemeriksaan senjata api adalah untuk mencegah pelanggaran disiplin di kalangan personel Polri. Pemeriksaan meliputi kelayakan senjata api, kelengkapan surat-surat, serta kebersihan senjata tersebut.

"Ini diharapkan agar ada tanggung jawab dari para pemegang senpi dinas dalam hal penggunaan, ketertiban surat, perawatan, serta penyimpanan senpi dengan aman sehingga pelanggaran berupa penyalahgunaan senpi dapat dihindari," ujar Teguh dalam pernyataannya yang dirilis pada Minggu, 19 Mei 2024.

Selain pemeriksaan Senpi, Propam Polda Jatim juga melakukan pemantauan terhadap tes urine para anggota Polres Jombang dan Polsek jajaran. Langkah ini bertujuan untuk memastikan tidak ada personel yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

"Sebagai anggota Polri, kita harus menjadi contoh dan teladan serta bersih dari narkoba. Hasil pemeriksaan tes urine menunjukkan semua anggota Polres Jombang serta Polsek Jajaran negatif dari penggunaan narkotika jenis apapun," tambah Teguh.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network