Kuliah Berhadiah dengan Klien dari Dunia Praktis Nyata

Ali Masduki
Pada kompetisi berhadiah kali ini, para mahasiswa diminta untuk berkelompok dan berperan sebagai sebuah agensi pemasaran. Foto/iNewsSurabaya.id

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Universitas Airlangga kembali menyelenggarakan kelas kejutan. Kuliah ini merupakan acara tahunan bagi mahasiswa manajemen mata kuliah Komunikasi Pemasaran Terpadu

Acara ini diadakan dengan tujuan untuk mengasah keterampilan dan kreativitas mahasiswa dalam bidang komunikasi pemasaran melalui simulasi dunia nyata.

Pada kompetisi berhadiah kali ini, para mahasiswa diminta untuk berkelompok dan berperan sebagai sebuah agensi pemasaran yang akan melakukan pitching kepada klien, yaitu Kasir Pintar, sebuah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang sistem kasir digital. 

Setiap kelompok diminta untuk merancang ide konten dan strategi branding yang tepat untuk Kasir Pintar, dengan tujuan meningkatkan visibilitas dan engagement perusahaan tersebut di masyarakat.

Diinisiasi oleh Dr. Gancar Candra Premananto,kompetisi ini diikuti oleh 5 kelompok mahasiswa. Mereka diminta untuk membuat strategi terbaik dan se-kreatif mungkin untuk memasarkan Kasir Pintar. Ide tersebut bisa berupa video kreatif, brosur cetak, hingga short movie. 

Kompetisi Komunikasi Pemasaran Mahasiswa ini dimenangkan oleh 2 tim agensi yaitu ATL (Above The Line) Agency dan juga Nexus Agency yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai dari Kasir Pintar. 

Kedua tim ini memperoleh nilai tertinggi berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditetapkan oleh para juri yang ahli di bidangnya.

Ke empat juri tersebut yakni Dr. Dhien Mardhiyah, Dr. Gancar Candra Premananto, Sitti Raisya Fitri E. (CCO & Co-Founder Kasir Pintar) dan Arta Laras Angelina (Content Creator Kasir Pintar) menyebutkan bahwa baik ATL maupun Nexus Agency mempunyai ide yang kreatif dan efektif dalam menerjemahkan ide kedalam bentuk komunikasi pemasaran yang sesuai dengan visi misi yang dibawa Kasir Pintar.

“Kami senang melihat ide-ide kreatif dari mahasiswa yang bervariatif dan sangat mungkin untuk dikembangkan di industri sesungguhnya,” kata Sitti Raisya, juri dan Co-Founder dari Kasir Pintar.

Presentasi akhir dan sesi penjurian diadakan di Ruang Aula FEB UNAIR tanggal 10 Juni 2024. 

Kompetisi Komunikasi Mahasiswa Manajemen Mata Kuliah Komunikasi Pemasaran Terpadu Universitas Airlangga ini diharapkan dapat terus menjadi ajang yang menginspirasi dan mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi tantangan dunia kerja di masa depan. 

Dengan dukungan dari akademisi dan praktisi industri, acara ini terus memberikan nilai tambah yang signifikan bagi para pesertanya.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network