UNUSA Tegaskan sebagai Kampus Unggul di ASEAN melalui Pengabdian Masyarakat Internasional

Ali Masduki
Siswa-siswa sekolah diberikan pemahaman mengenai dampak air bersih terhadap kesehatan, serta pelatihan praktis untuk melakukan pemantauan dan pengukuran kualitas air di sekitar sekolah. Foto/Unusa

Achmad Syafiuddin, Ph.D., Ketua Pengabdian Masyarakat Internasional UNUSA, menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen UNUSA untuk berkontribusi di tingkat ASEAN. 

“Kami tidak hanya fokus di Indonesia, tetapi juga berupaya memberikan dampak positif di negara-negara ASEAN. Kegiatan ini memiliki dampak yang signifikan, khususnya untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian tentang air bersih sejak dini atau sejak sekolah dasar,” ujarnya di ruang kerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unusa, Rabu (7/08).

Kolaborator pengabdian dari Universiti Malaysia Perlis, Dr. Farrah Aini Dahalan, menyatakan bahwa kolaborasi ini merupakan bentuk realisasi kerjasama antara UNUSA dan UNIMAP yang telah terjalin sejak 2022. 

“Kerjasama ini menunjukkan betapa pentingnya kolaborasi lintas negara dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kesadaran lingkungan di kalangan siswa,” kata Dr. Farrah Aini Dahalan.

Nor Halmey Hamdah, Wakil Kepala Sekolah Kebangsaan Guar Jentik, juga mengungkapkan bahwa program ini sangat bermanfaat bagi para siswa. 

“Melalui program ini, para saintis dari universitas hadir ke sekolah untuk memberikan pemahaman teknis yang dapat bermanfaat untuk mencetak calon-calon saintis di masa depan,” ungkap Nor Halmey Hamdah.

Dengan kegiatan pengabdian masyarakat internasional ini, UNUSA menunjukkan dedikasinya dalam memajukan pendidikan dan kesadaran lingkungan di kawasan ASEAN. 

Program ini tidak hanya memberikan edukasi dan pelatihan praktis bagi siswa, tetapi juga mempererat hubungan kerjasama internasional antara institusi pendidikan di Indonesia dan Malaysia. 

UNUSA berharap bahwa kegiatan serupa dapat terus dilakukan di masa mendatang untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan kepedulian lingkungan di seluruh kawasan ASEAN.

Editor : Ali Masduki

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network