Ingin Bisnis di Area SPBU, Pertamina Patra Niaga Buka Konsultasi di IFBC Expo Surabaya

Ali Masduki
Suasana booth Non Fuel Retail Pertamina di acara IFBC Expo 2024. Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA iNewsSurabaya.id – PT Pertamina Patra Niaga mengajak para pengusaha untuk memanfaatkan peluang bisnis yang menjanjikan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina. 

Melalui keikutsertaannya dalam Info Franchise & Business Concept (IFBC) Expo 2024 pada 6-7 September di ICBC Basuki Rahmat Surabaya, Pertamina Patra Niaga membuka kesempatan bagi para pengusaha untuk bergabung dalam bisnis Non Fuel Retail (NFR) yang tengah berkembang pesat di SPBU Pertamina di pameran waralaba bisnis terbesar di Indonesia.

Dalam ajang ini Pertamina selain membuka konsultasi Bisnis calon mitra Non BBM di SPBU, Pertamina juga memperkenalkan Bright Store, Bright Cafe. 

VP Retail Fuel Sales Eko Ricky Susanto menjelaskan bahwa NFR menjadi salah satu fokus utama perusahaan dalam memperluas jaringan bisnisnya.

Banyak pelaku bisnis yang ingin bergabung dengan Pertamina. Namun bingung bagaimana caranya, maka melalui acara tenant days ini mempertemukan pihak Pertamina dengan para pelaku bisnis  yang ingin bergabung melalui bisnis NFR.

"Di Pertamina bisnis NFR ini  baru menyumbang 6% dari total bisnisnya SPBU dengan dominasi  di Fuel (BBM). Kami melihat potensi besar dalam bisnis NFR dan ingin menawarkan peluang ini kepada para pengusaha di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Eko Ricky mengatakan, Pertamina memiliki hampir sekitar 6.500-an SPBU di luar Pertashop dan lembaga penyalur lain. Ini masih banyak potensi yang bisa kita kembangkan dalam konteks pengembangan tenant atau outlet-outlet di SPBU.

"Saat ini, kami telah bekerja sama dengan lebih dari 1.500 mitra/brand yang tersebar di lebih dari 20.000 outlet NFR di SPBU Pertamina di seluruh Indonesia. Kami ingin terus memperluas jaringan ini dan menciptakan sinergi yang bermanfaat bagi semua pihak," jelas Eko Ricky.

Dalam kesempatan yang sama, Kania Hapsari Manager Non Fuel Retail Pertamina Patra Niaga menjelaskan bahwa  kehadiran Pertamina di event ini dalam rangka menginformasikan kepada para pelaku usaha.

Ia bilang saat ini Pertamina menjadi salah satu solusi bisnis terutama dalam hal lokasi, karena di SPBU banyak sekali kelebihan-kelebihannya. Antara lain  traffic orang masuk (ke SPBU) tinggi dan biasanya sekaligus beli sesuatu untuk perjalanan.

"Ada sekitar 100 brands yang sudah kerja sama dengan kita, diantaranya Tomoro Coffe, Kopi Kenangan, Chatime dan banyak F&B selain itu ada kerja sama dengan AutoGlaze dan Bengkel yang jumlah nya juga cukup banyak," jelas Kania.

"Bank-bank udah pasti, banyak ATM juga di tempat kita sekarang, keberadaan convenience store seperti Alfamart dan Indomaret pastinya akan menambah traffic ke SPBU tersebut,  sehingga kita juga kerja sama dengan mereka dengan bentuk co-branding dengan Bright Store karena kita punya Bright Store disini juga. Jadi kita saling mengisi lah," tambah Kania.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network