Kisah Inspiratif Istri Kades di Jombang, Jalankan Ibadah Umrah dengan Tabungan Uang Receh

Zainul Arifin
Lilik Setyorini, Istri Kades di Jombang yang Jalankan Ibadah Umrah dengan Tabungan Uang Receh. Foto iNewsSurabaya/zainul

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Ibadah umrah menjadi impian yang dinantikan oleh setiap Muslim di seluruh dunia. Namun, tidak semua diberi kemudahan untuk mewujudkan mimpi tersebut. Bagi sebagian orang, usaha keras dan pengorbanan menjadi kunci untuk menapaki jejak ke Tanah Suci. Kisah Lilik Setyorini (43), istri dari Nur Aini Rubai, Kepala Desa Dukuhmojo, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, adalah bukti nyata bahwa impian itu bisa dicapai, bahkan dengan cara yang tak biasa, menabung uang receh selama bertahun-tahun.

Sejak tahun 2020, Lilik mulai mengumpulkan uang receh dari sisa belanja harian, dengan harapan uang tersebut suatu hari bisa membawanya menunaikan ibadah umrah. Sedikit demi sedikit, koin-koin tersebut dimasukkan ke dalam toples dan galon air mineral di rumahnya. Dan kini, setelah hampir empat tahun, jerih payahnya berbuah manis—total Rp31 juta terkumpul dari koin receh yang tak pernah ia sia-siakan.

Pada Kamis (3/10/2024), Lilik bersama sang suami akhirnya menghitung hasil tabungannya. Dengan penuh kebahagiaan, mereka menemukan bahwa toples-toples berwarna putih yang diisi uang koin Rp1.000 berjumlah 22 buah, sementara 8 toples bening lainnya berisi uang koin Rp500. 

Tak hanya itu, dua galon besar pun penuh dengan uang koin Rp1.000. Setelah dihitung, setiap toples putih berisi Rp1 juta, toples bening berisi Rp400 ribu, dan masing-masing galon mengandung Rp1,5 juta.

“Ini adalah mimpi yang terwujud setelah bertahun-tahun menabung koin demi koin. Setiap hari saya sisihkan sisa belanja, dan alhamdulillah, akhirnya terkumpul cukup untuk umrah,” ujar Lilik dengan haru.

Tidak berhenti di situ, Lilik bersama keluarganya kemudian mendorong gerobak berisi uang receh tersebut sejauh 500 meter, menuju Kantor Travel Haji dan Umrah Assalaam Berkah Abadi (ASABI) di Dukuhmojo. Di bawah terik matahari, mereka berjalan dengan penuh semangat, membawa hasil tabungan yang telah dikumpulkan dengan tekun selama bertahun-tahun.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network