SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Menjelang akhir tahun 2024, PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) kembali meraih berbagai penghargaan atas prestasinya. Salah satunya adalah penghargaan BUMN Branding & Marketing Award 2024 yang diselenggarakan oleh BUMN Track.
Lebih dari 100 perusahaan BUMN dan anak perusahaannya berpartisipasi dalam ajang ini, dan TPS berhasil meraih penghargaan tersebut. Penghargaan diterima oleh Sekretaris Perusahaan TPS, Erika A. Palupi, pada hari Kamis (14/11) di Jakarta.
Inovasi Monitoring Petikemas Longstay Raih Pengakuan
Erika menjelaskan bahwa proses penilaian dalam ajang ini meliputi berbagai tahapan, mulai dari pendalaman materi hingga presentasi. Hal ini dilakukan untuk menguji konsistensi penerapan inovasi dan strategi marketing yang berdampak signifikan bagi pelanggan dan para pemangku kepentingan di perusahaan.
Dewan juri, yang terdiri dari para pakar di bidang branding dan marketing, menilai implementasi program inovasi dan strategi marketing yang diterapkan oleh TPS. TPS mengikuti dua kategori dalam BUMN Branding & Marketing Award 2024, yaitu Brand Innovation dan Brand Strategy Excellence.
Inovasi yang ditampilkan TPS adalah Monitoring Petikemas Longstay, sebuah aplikasi yang mempermudah monitoring dan mempercepat penyelesaian petikemas longstay.
"Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah proses monitoring dan penyelesaian petikemas longstay yang sebelumnya dilakukan secara manual," jelas Erika.
Dengan aplikasi ini, customer tidak perlu lagi mengirimkan email untuk mengajukan permohonan pengeluaran petikemas. Mereka dapat bertransaksi melalui Aplikasi Clique247, membuat Job Order atau Electronic Container Equipment Interchange Receipt (E-CEIR) kode Delivery Long Stay (DLS), dan mengeluarkan petikemas longstay dari area TPS.
"Aplikasi ini mampu memangkas waktu tunggu customer dari pengajuan pengeluaran petikemas longstay sampai pembuatan Job Order dari 3-4 jam menjadi 15-30 menit," tambahnya.
Berkat program Monitoring Petikemas Longstay, TPS berhasil meraih penghargaan BUMN Branding & Marketing Award 2024, yaitu Impact on Satisfaction & Loyality Level (Silver).
Program TJSL Berdampak Positif bagi Masyarakat
Selain BUMN Branding & Marketing Award 2024, TPS juga meraih penghargaan BUMN TJSL Award yang diselenggarakan BUMN Track pada bulan Juli 2024.
Melalui program TJSL berupa Pembangunan Sumur Bor dan MCK di Desa Sumberwaru, Pamekasan, Madura, TPS memperoleh Anugerah Bintang Lima (Platinum) untuk Pilar Ekonomi dan Penerapan Hukum & Tata Kelola dalam acara TJSL & CSR Award 2024.
"Penghargaan ini merupakan bukti nyata bahwa TPS berkomitmen untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar," ujar Wahyu Widodo, Direktur Utama TPS.
Pihaknya berharap TPS dapat terus bertumbuh dan menjalankan amanah serta tanggung jawab untuk memberikan manfaat bagi pelanggan dan semua pemangku kepentingan.
Editor : Ali Masduki
Artikel Terkait