Puti-Gus Muhdlor Komitmen Lestarikan Candi Pari Warisan Majapahit

Arif Ardliyanto
Anggota Komisi X DPR RI, Puti Guntur Soekarno membangun komitmen dengan Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali untuk melestarikan Candi Pari

SIDOARJO, iNews.id – Candi Pari menjadi magnet tersendiri masyarakat Jawa Timur. Anggota Komisi X DPR RI, Puti Guntur Soekarno membangun komitmen dengan Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali untuk melestarikan warisan Majapahit ini.

Kesepakatan untuk menjadikan Candi Pari lokasi wisata berkarakter budaya diutarakan dalam acara bertajuk ‘Bisa Fest , Pertunjukan Seni Tari dan Musik Tradisional’. Acara ini dihadiri langsung Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali dan Anggota Komisi X DPR RI, Puti Guntur Soekarno.

“Kita harus membangun karakter lokal supaya tidak mudah untuk diadu domba,” kata Gus Muhdlor panggilan akrab Ahmad Muhdlor Ali.

Gus Muhdlor menuturkan, saat ini banyak fenomena aneh yang berada di masyarakat. Banyak sekali informasi anak membunuh orang tua, anak berani kepada ibu, bahkan anak tega menganiaya ibu. Fakta ini terjadi karena karakter lokal yang dimiliki hilang.

Jika karakter lokal ada, ujarnya, tidak mungkin ada orang tua yang dibunuh anak atau anak menganiaya orang tua. “Makanya perlu menjaga martabat sesuai dengan yang diajarkan leluhur kita,” ujarnya.

Untuk membangun karakter lokal, ungkap Gus Muhdlor, bupati tidak akan mampu jika melakukan sendiri. Menurut dia, butuh sinergi dengan masyarakat untuk membangun karakter lokal. Salah satu upaya mempertahankan karakter lokal adalah melestarikan budaya tari.

“Di Banyuwangi itu bisa, masak kita tidak. Kita harus mempertahankannya mulai sekarang,” ucapnya.

Gus Muhdlor meminta supaya ada pengajuan raperda untuk mengatur regulasi pelestarian budaya. Perda ini akan mengatur ekosistem budaya supaya tidak mati ditelan zaman. “Saya meninggu Pak Dewan (DPRD Sidoarjo) untuk mengajukan raperda tentang budaya. Perda ini yang akan melindungi kearifan lokal,” jelas dia.


Anggota Komisi X DPR RI, Puti Guntur Soekarno membangun komitmen dengan Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali untuk melestarikan Candi Pari

Anggota Komisi X DPR RI, Puti Guntur Soekarno mengaku senang dengan komitmen Bupati Sidoarjo untuk membentuk karakter budaya. Perlu ada sinergi untuk mewujudkan budaya lokal. Keberadaan budaya lokal ini akan menghidupkan ekonomi kerakyatan di area lokasi.

“Kalau budaya di Candi Pari dilestarikan, maka ekonomi kerakyatan di sekitar candi akan hidup. Saya sudah pernah janji untuk bersama-sama menghidupkan karakter budaya lokal,” katanya.

Cucu Presiden RI pertama ini menerangkan, secara pribadi memimpikan untuk membuat sebuah festival budaya tahunan. Festival ini harus terwujud, bahkan Puti mengaku akan berkoordinasi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

“Saya akan minta mas Sandi (Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif) untuk memperioritaskan dapil (daerah pemilihan) saya. Dulu saya sudah pernah datang, dan saya berjanji untuk membuat manfaat disekitar candi. Mari sama-sama melestarikan budaya,” ujarnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network