Railfans Bantu Layani Penumpang Kereta Api Selama Angkutan Lebaran

Ali Masduki
Anggota dari komunitas railfans membantu pelayanan posko angkutan lebaran. (Foto: iNewsSurabaya.id)

SURABAYA, iNews.id - Masa angkutan Lebaran tahun 2022, yang dilaksanakan Posko mulai tanggal 22 April 2022 sampai dengan 13 Mei 2022.

PT KAI melibatkan seluruh sumber daya yang dimilikinya untuk mensukseskan dan melancarkan kegiatan tersebut.

Selain itu juga dilibatkan personil bantuan luar dari TNI maupun POLRI.

Namun ada yang menarik saat berada di beberapa stasiun.

Terlihat anak-anak setingkat sekolah maupun mahasiswa yang membantu pelanggan, khusunya pelanggan lansia dan berkebutuhan khusus serta memberikan informasi kepada pelanggan.

"Kita melibatkan 3 komunitas railfans, yakni Sahabat Kereta, Sipuong, dan Malangraya +444 untuk mendukung kesuksesan saat Posko Angkutan Lebaran 2022," demikian disampaikan Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif.

Sekitar 75 anggota dari komunitas railfans akan membantu pelayanan posko angkutan lebaran di 5 stasiun, yaitu Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Malang, Stasiun Wonokromo, dan Stasiun Sidoarjo.

Kegiatan yang mereka lakukan antaralain melakukan pengawasan protokol kesehatan, membantu memberikan informasi seputar jadwal KA, aturan perjalanan dengan KA, hingga posisi kereta yang tertera di tiket.

"Kami salut dengan kegigihan mereka yang ikut mendukung KAI dalam mensukseskan angkutan lebaran 2022. Dengan keikhlasan, sukarela, beramal membantu kelancaran mudik pelanggan KA," tambahnya.

Keterlibatan mereka dalam kegiatan-kegiatan di PT KAI tidak hanya even Angkutan lebaran saja. Namun juga pada posko Nataru, acara sosialisasi keselamatan di perlintasan serta kegiatan lainnya.

Salah satu anggota komunitas yang menjalani posko, Yan Ari menyampaikan alasan mengikuti kegiatan ini didasari kecintaannya pada kereta api.

"Kami ingin kereta api semakin dicintai masyarakat", ungkapnya.

Selain komunitas, keterlibatan Pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselamatan serta keamanan perkeretaapian sangat diperlukan, untuk mewujudkan perjalanan kereta api yang selamat, nyaman, dan sehat.

Okupansi pelanggan KA di Daop 8 Surabaya

Selama masa posko Angkutan Lebaran 2022 yang telah ditetapkan oleh KAI sejak 22 April s/d 13 Mei 2022, KAI Daop 8 Surabaya telah memberangkatkan sebanyak 73.876 pelanggan dan sekitar 73.023 pelanggan tiba di Daop 8 Surabaya.

"Hingga 28 April 2022, keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng sekitar 19.885, Stasiun Surabaya Pasarturi sekitar 15.952 pelanggan, dan dari Stasiun Malang tercatat sekitar 10.329 pelanggan," jelasnya.

Selama masa angkutan lebaran 2022, ketersediaan tempat duduk (TD) di Daop 8 Surabaya telah terjual sekitar 328.526 TD KA jarak jauh, atau sekitar 62% dari yang disediakan sebanyak 526.978.

Dengan jumlah tersebut, KAI Daop 8 Surabaya masih menyediakan sekitar 198.452 tempat duduk yang dapat dipesan oleh pelanggan hingga saat ini.

Sementara itu, keberangkatan dari stasiun malang tercatat sekitar 60.269 pelanggan, atau 70%.

Dan saat ini masih terdapat 25.397 tempat duduk yang dapat dipesan oleh pelanggan KA keberangkatan dari wilayah Malang.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network